Daerah

Antisipasi Penyebaran PMK, Polsubsektor Pelalawan Sosialisasi Kepada Pedagang dan Peternak Sapi

(Foto Istimewa).

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Upaya mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayah Kecamatan Pelalawan, Bhabinkamtibmas Desa Batang Nilo Kecil, Kamis (7/7/2022) Polsubsektor Pelalawan melaksanakan kegiatan sosialisi pecegahan penyebaran PMK kepada para pedagang dan peternak sapi.

Kasubsektor Pelalawan, Iptu Legito dalam keterangannya mengataka, pihak Polsubsektor Pelalawan dalam kegiatan itu hanya memberikan himbauan kepada pengelola peternakan agar selalu memperhatikan kesehatan hewan ternak, kebersihan hewan dan kandang serta keamanan tempat penampungan hewan, katanya.

“Kami menyampaikan tentang ciri-ciri hewan yang terjangkit PMK, antara lain, suhu tinggi, lendir di mulut, lempuh di hidung, lidah menjulur, nafsu makan berkurang, kaki pincang, luka di kaki yang berbatasan dengan kuku atau luka pada celah kuku atau kuku bisa lepas dan nafas cepat,” ungkap Iptu Legito.

Kemudian, Bhabinkamtobmas Desa Batang Nilo Kecil, Bripka Rusdi mendatangi langsung lokasi ternak dan pedagang hewan ternak sapi yang terletak di Desa tersebut. Kepada gardapos, ia menyampaikan “untuk mengantisipasi penularan PMK khususnya hewan sapi, perlu kita berikan pemahaman secara jelas kepada para peternak tentang faktor faktor apa saja yang dapat mempengaruhi timbulnya PMK termasuk kepada pengelola peternakan, katanya.

Selanjutnya, Iptu Legito kembali menjelaskan, bahwa giat sosialisasi tersebut dilakukan sebagai upaya membantu Pemerintah dalam melakukan pengawasan dan penutupan lalu lintas keluar masuk hewan ternak khususnya sapi, kerbau, kambing dan domba.

“Sejauh ini, selama kegiatan sosialisasi kondisi hewan ternak di peternakan di wilayah Kecamatan Pelalawan, Desa Batang Nilo Kecil dalam keadaan sehat dan tidak terdapat penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak,” ujar Iptu Legito.[]


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar