Daerah

Sosialisasi IP4T di Desa Muntai Barat di Apresiasi Masyarakat

GARDAPOS.COM, BENGKALIS - Sosialisasi Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T), Senin (6/4/2020) di aula kantor Desa Muntai Barat Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis Riau berjalan dengan lancar.

Sebelum acara di mulai Subari Kepala Desa mengarahkan kepada peserta sosialisasi untuk dapat mendengarkan apa saja yang menjadi agenda dari Badan Pertahanan Nasional BPN Kabupaten dan BPN Propinsi Riau terkait program yang akan di sampaikan, "harapan kita masukan tersebut untuk dapat di implementasikan di Desa Muntai Barat ini", ungkapnya.

Pri Adhi Joko Purnomo, S.SiT salah seorang Narasumber dari BPN Kabupaten Bengkalis dalam penjelasannya mengatakan bahwa berdasarkan prgram Pak Presiden Jokowi, seluruh tanah di Indonesia harus bersertifikat, agar pemilik tanah dan pengusaha tanah mengetahui program tersebut, karna perbedaan di dua sisi itu jelas antara pemilik dan pengusahanya, pungkasnya.

Kemudian lanjutnya agar di lakukan pendataan lahan/tanah tersebut untuk mengetahui sejauhmana mengetahui potensinya dan lainnya, selanjutnya program ini harus di usulkan mengingat kondisi bidang tanah di wilayah pesisir belum terinventarisasi sesuai IP4T, jelasnya.

Selanjutnya Bambang Sugianto,S.Tr.selaku narasumber dari Kanwil Badan Pertanahan Nasional BPN Provinsi Riau menjelaskan berdasarkan tanyangan video yang sudah kita paparkan bersama tadi sudah cukup jelas, namun yang menjadi proritas adalah pendataan atau menginventarisasi seluruh tanah di bagian pesisir agar dapat dilakukan pendataan pontensinya.

Kemudian lanjutnya sementara untuk di Desa Muntai Barat sendiri akan dilakukan pendataan sebanyak 250 bidang tanah sesuai target yang direncanakan, terangnya singkat. (*/gp.3)


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar