Daerah

Basolang Warisan Budaya Turun Temurun Petalangan, H.M Harris: Jaga dan Lestarikan

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Bupati Pelalawan, H.M Harris dan Ketua DPRD Pelalawan, Adi Sukemi menghadiri acara Basolang di Kecamatan Bandar Petalangan, Rabu 28 Januari 2020 lalu.

Camat Bandar Petalangan Mukhtarius M.Pd menyampaikan kepada media ini lewat pesannya, bahwa dengan dilaksanakannya acara Basolang atau Gotong Royong di Kelurahan Rawang Empat, Kecamatan Bandar Petalanga, Rabu (28/1) sebagai kegiatan pembuka acara Basolang tahun ini, katanya.

Kegiatan tersebut akan berlanjut setiap bulan secara bergiliran di tingkat desa yang berada di Bandar Petalangan, pungkas Mukhtarius.
 
"Ya dengan tujuan acara basolang ini secara umum adalah untuk mengakat budaya masyarakat Petalangan sejak zaman dahulu yang gemar Basolang atau melakukan gotong royong bekerjasama saling bantu membantu untuk mengerjakan sesuatu, karena seiring dengan perkembangan zaman semangat gotong royong ini sudah mulai luntur," ungkapnya.

Harapan dengan acara Basolang ini, maka semangat gotong royong persaudaraan masyarakat Petalangan dapat dibangkitkan kembali, khususnya untuk memajukan desa. Kemudian juga menjaga dan memperkuat silahturahmi sesama masyarakat Petalangan sebagaimana diketaui bahwa kondisi masyarakat Petalangan merupakan masyarakat yang majemuk terdiri dari  berbagai macam suku dan agama, ujar pak Camat Mukhtarius.

Sementara Bupati Pelalawan dalam sambutannya menyampaikan atas nama pribadi dan Pemda Pelalawan mengucapkan selamat melaksanakan acara Basolang di Kecamtan Bandar Petalangan tahun 2020, dan terlaksana dengan sebaik-baiknya. Dia mengharapkan masyarakat Petalangan  harus terus menjaga dan melestarikan warisan budaya yang turun temurun di negeri kita ini, kata Harris.

Karena tradisi adat dan budaya basolang ini merupakan budaya yang sangat baik untuk membangun negeri kita yang kita cintai ini, pungkas Bupati Harris.

Turut hadir dalam rombongan Bupati Harris, Camat Bandar Petalangan, Mukhtarius, M.Pd, Sekcam, Sabaruddin, M.Pd, KUA Bandar Petalangan, Kepala UPTD Lurah Rawang Empat, Ramli, M.Pd, Kapolsek Bunut, Koramil, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa se-Bandar Petalangan. (*/Syari'i)


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar