DALAM RANGKA MENDUKUNG TMMD KE 105 KODIM 0313/KPR DANRAMIL 09/LANGGAM TURUN PADAMKAN API

Waspada Api Kembali Lahap Tanah Gambut Penarikan Langgam

Situasi tim Danramil 09/Langgam ikut membantu pemadaman Karhutla di Desa Penarikan, Langgam, Kab. Pelalawan.

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Kapten Arh Kharidon Sitio Danramil 09/Langgam dan anggota Subsatgas 7 Tim 8 Koramil 09/Langgam dan instansi terkait lainnya berjibaku melawan titik api di Desa Penarikan, Kecamatan Langgam pada, Minggu (28/7/19) lalu.

Kerja tim menekan titik api terus meluas akhirnya lambat laun dapat diatasi dengan dengan dukungan sumber daya alat pemadam api yang ada.

"Larangan membakar hutan dan lahan telah disampaikan kepada masyarakat namun dugaan masih adanya oknum masyarakat yang lalai hingga terjadinya kebakaran hutan dan lahan menyebabkan dampak buruk meningkatnya suhu panas dan cuaca diliputi kabut asap," ungkap Danramil 09/Lgm.
 
Tim Satgas karlahut secara bersama sama melakukan pemadaman saat itu, karena cuaca cukup panas dan angin kencang api sulit diatasi namun terus dilakukan melalui tim darat dan tim udara menggunankan heli kopter, terang Kapten Arh Kharidon Sitio.

Melihat kondisi medan yang berat melewati jalan yang diperkeras kemudian menggunakan "perahu kecil yang diberi mesin" (ketinting-red) hanya bisa di naiki lima orang saja melewati kanal dan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati gambut yang cukup dalam, bila tidak hati hati bisa terperosok kedalamnya, ujar Kapten Arh Kharidon Sitio.

"Upaya pemadaman terus di lakukan saat itu dan anggota tim tak kenal lelah terus berjibaku menghadapi api dan kepulan asap, sembari terus mengingatkan anggota agar tetap waspada dan berhati-hati," ungkapnya.

Perlu diwaspadai juga bahwa, lahan yang terbakar tersebut merupakan lahan gambut serta semak belukar yang mudah sekali api kembali melahapnya jika kondisi cuaca kering dan panas seperti saat ini, bila terjadi lagi sulit untuk dipadamkan, ungkap Kapten Arh Kharidon Sitio, Danramil 09/Lgm. (*)


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar