Daerah

Bupati Zukri Apresiasi dan Mendukung Kegiatan Pelatihan TAGANA Pelalawan

Bupati Pelalawan, H. Zukri Misran buka pelatihan TAGANA, Kamis (21/7/2022) di Bandar Seikijang.

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Kegiatan pelatihan Relawan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Pelalawan pada Kamis, 21 Juli 2022 di Kecamatan Bandar Sekijang mulai dilaksanakan dari tanggal 20 s/d 24 Juli 2022.

Demikian Ketua Tagana Pelalawan H. Ardianto SE, Sabtu (23/7/2022) menyampaikan, acara pelatihan tersebut di buka langsung oleh Bupati Pelalawan, H. Zukri Misran, dengan tema "Kegiatan Relawan Tagana Kegiatan Pelaksanaan Penyelenggaraan Pemberdayaan Masyarakat terhadap Kesiapsiagaan Bencana Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2022 Kecamatan Bandar Sekijang".

"Ya, acara pelatihan Tagana ini dilaksanakan dari tanggal 20 - 24 Juli 2022, peserta hadir dan registrasi mulai Kamis, 20 Juli kemarin. Turut hadir dalam acara kegiatan pembukaan pelatihan ini, Kabag OPS Polres Pelalawan, Kepala Pengadilan Negeri, Ka.Satpol PP, Kepala BPPD, dan tokoh masyarakat." Ungkap Ketua Tagana Pelalawan H. Ardianto SE.

Bupati Pelalawan H. Zukri Misran, selaku Pembina Utama Tagana memberikan apresiasi dan dukungan terhadap kegiatan pelatihan Tagana Pelalawan, ia berharap, pelatihan yang diselenggarakan dapat membantu penanganan bencana baik dalam pra bencana dan pasca bencana.

Menurutnya, penanggulangan bencana ini dapat berjalan baik, efektif, efisien jika masyarakat turut ambil bagian dan proaktif pada setiap kejadian bencana alam serta dapat bersinergi dalam mitigasi bencana, ujar Zukri.

Selain itu, langkah antisipasi juga diperlukan untuk meminimalkan dampak bencana alam.

“Saya berharap peserta mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam penanggulangan bencana, baik sebelum, saat dan sesudah bencana,” ujar Bupati Pelalawan.

Kemudian Bupati Zukri menambahkan, Insyaallah ia akan memberikan "tali asih" kepada anggota Tagana melalui anggaran Kabupaten Pelalawan.

Selanjutnya diakhir acara Bupati Zukri memberikan tanda peserta dan juga Rompi Tagana kepada Camat, Kapolsek, Danramil Bandar Sekijang untuk bisa bersinergi mitigasi bersama dalam penangulangan bencana, baik pra bencana dan pasca bencana.

Kemudian pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pelalawan, drg. Erwin Romel Nainggolan sebagai Pembina Fungsional dan juga Ketua pelaksana kegiatan melaporkan, bahwa acara pelatihan Tagana ini di ikuti oleh 65 orang peserta. Pelatihan adalah warga yang berasal dari pemuda, pelajar dan masyarakat Kecamatan Bandar Sekijang, ujarnya.

Lanjut Erwin, Anggota Tagana di Pelalawan dan Relawan berjumlah sekitar lebih kurang 600 orang, yang hanya mendapatkan tali asih dari Kementrian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia hanya sebanyak 30 orang di Pelalawan, ungkapnya pada pidato laporan pelaksanaan kegiatan.

“Melihat kondisi geografis Pelalawan yang rentan bencana alam seperti banjir, Karhutlah, sementara kita belum bisa mengetahui dengan pasti kapan bencana itu terjadi, maka untuk mengurangi risiko bencana diperlukan kesiapsiagaan petugas terlatih dalam penanganannya,” ujar Kadis Sosial, Erwin Romel.

Ia juga berharap, kepada bapak Bupati Pelalawan agar bisa memberikan "tali asih" untuk anggota Tagana Pelalawan, tutupnya. **


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar