Daerah

Riau Harus Miliki Usaha Hilir Industri Minyak Goreng Sawit

(Ist).

GARDAPOS.COM, PEKANBARU - Ketua Umum HMI Cabang Pekanbaru, Wirandi Mustafa didampingi Kabid Partisipasi Pembangunan Daerah (PPD), Habza Jusbil Aktro, Rabu (18/5/2022) dalam keterangannya kepada gardapos.com menyampaikan hasil FGD yang baru saja digelar pada Selasa 17 Mei 2022 kemarin, mengangkat isu 'Problematika Komoditi Sawit', dimana produk ini sudah menjadi komoditas raksasa di Provinsi Riau saat ini.

Namun ironis ungkapnya, bahwa di provinsi Riau ini untuk Badan Usaha Pengolahan Minyak Goreng Sawit (MGS) dari data yang ada 74 pabrik pengolahan minyak goreng di Indonesia tidak ada satupun yang berada di Provinsi Riau ini!, padahal Riau merupakan daerah penghasil bahan baku MGS terbesar di seluruh Indonesia pada tahun 2021 berdasarkan hasil survei Industri Besar Menengah (IBS).

Dia menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat Riau, agar memfokuskan pada pengusahaan Badan Usaha Industri Hilir MGS dan kami dari HMI Cabang Pekanbaru akan menyiapkan rencana kedepannya di Riau. Nah, selanjutnya tentu akan menjalin kemitraan dengan setiap pihak atau elemen yang ada di Provinsi Riau diantaranya pemerintah, akademisi dan lainnya.

Selain itu, Ketua Umum HMI Cabang Pekanbaru juga menyampaikan dan mendesak pemerintah untuk mengakhiri pelarangan ekspor CPO yang berdampak kepada para petani sawit pada hari ini, karena berdasarkan hasil kajian diskusi FGD bahwa kebutuhan bahan baku CPO sawit di Indonesia itu hanya membutuhkan 20% yang disampaikan oleh pemateri dari perwakilan Asosiasi Petani Sawit Riau, Yusro Fadly, S.T.

Selanjutnya pada kegiatan FGD HMI Cabang Pekanbaru kemarin juga di hadiri pemateri dari Komisi IV DPR-RI, Dr. H Suhardi Duka. MM, Senator DPD-RI perwakilan Riau, Edwin Pratama Putra, SH, Ketua DPRD-Riau, Yulisman, S.Si, perwakilan dari Gubernur Riau yang dihadiri sekertaris dinas Perkebunan, Supriadi, dan yang mewakili Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Ibu Elvi.

"Kami dari HMI Cabang Pekanbaru berikan apresiasi telah terlaksananya kegiatan ini, tentu dalam mencari langkah solusi dalam menjawab problematika yang terjadi saat ini." ungkap Ketua Umum HMI Cabang Pekanbaru Wirandi Mustafa yang didampingi Kabid PPD Habza Jusbil Aktro kepada media.**


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar