Lingkungan

Kapolsek Langgam Iptu Alferdo Krisnata Kaban: Akses Jalan Warga Langgam Ke Pangkalan Kerinci dan Lubuk Ogung Banjir

Ket: Disela kesibukan pengamanan kampanye, personil Polsek Langgam hadir membantu masyarakat, Rabu (20/12) di titik/lokasi banjir. (Foto Dok Polsek Langgam)

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Dampak dibukanya 5 pintu air pelimpah waduk PLTA Koto Panjang di kabupaten kampar akibat curah hujan yang tinggi, kenaikan debit air disejumlah daerah aliran sungai kampar khususnya di kecamatan langgam alami banjir. Demikian disampaikan Kapolsek Langgam Iptu Alferdo Krisnata Kaban SH kepada gardapos, Rabu (20/12/2023).

Sebagaimana keterangannya, kondisi hari ini (20/12) perkembangan situasi ketinggian debit air pasca dibukanya 5 pintu air pelimpah waduk PLTA Koto Panjang di kabupaten kampar dengan ketinggian 110 cm yang mengakibatkan banjir pada akses Jalan lintas Lubuk Ogung-Langgam dan jalan Pemda-Jalan Koridor RAPP ke Pangkalan Kerinci.

" Ya situasi ini (di wilayah hukum polsek langgam) sudah kami laporkan dalam rangka "Cooling System" mewujudkan situasi yang kondusif dan bergulirnya tahapan pemilu tahun 2024, sekira pukul 11.30 Wib tadi, telah dilakukan pengecekan ketinggian debit air pada jalan lintas lubuk ogung-langam kelurahan langgam, kecamatan langgam alami banjir, tinggi 110 cm." Pungkas Kaban.

Cooling System

Kemudian dalam rangka mewujudkan situasi yang kondusif dalam bergulirnya tahapan Pemilu Tahun 2024, personil Polsek Langgam membantu masyarakat yang ingin menyeberang menggunakan pompong baik dari arah Pangkalan Kerinci maupun dari arah Kecamatan Langgam, sehingga peran POLRI dalam menjaga Harkamtibmas menjelang Pemilu Tahun 2024 dapat dirasakan oleh semua kalangan masyarakat.

Kenaikan Tinggi Permukaan Sungai Kampar

Untuk ketinggian permukaan Sungai Kampar saat ini terjadi kenaikan debit air 10 cm dari hari sebelumnya, ungkap Kapolsek Langgam Iptu Alferdo Krisnata Kaban SH.

Ketinggian debit air saat ini untuk jalan yang menghubungkan Kelurahan Langgam ke Desa Lubuk Ogung Kecamatan Bandar Seikijang ± 68 Cm (tidak bisa dilalui kendaraan RD2 dan RD4) dengan panjang lebih kurang 850 meter, sedangkan untuk jalan penghubung menuju Kecamatan Pangkalan Kerinci yang melewati jalan koridor RAPP ketinggian debit air mencapai 60 cm (tidak bisa dilalui kendaraan R2 dan R4) dengan panjang 400 meter.

Selain itu informasi penting disampaikan Kapolsek Langgam bagi pengguna jalan dengan tujuan Pekanbaru dan Pangkalan Kerinci saat ini menyeberang menggunakan ponton milik RAPP baik kendaraan R2 maupun R4 sehingga terjadi antrian panjang dan pasca PLTA Koto Panjang menambah ketinggian "bukaan pintu Air pelimpah" waduk menjadi 110 cm dan diperkirakan dalam beberapa hari kedepan akan ada kenaikan debit air terus meningkat. Sehingga pihak PT RAPP akan menghentikan sementara operasional ponton pada hari "kamis, tanggal 21 Desember 2023 pukul 00.00 Wib."

 

(sep)


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar