Hukrim

Karhutla di Kawasan TNTN, Polisi Sedang Menyelidiki Penyebabnya!

Karhutla di TNTN Kabupaten Pelalawan, Riau (21/6) (Foto.Ist).

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) mulai terpantau dan terjadi di kabupaten Pelalawan tepatnya di Desa Air Hitam Kecamatan Ukui.

Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, SH SIK dalam keterangannya kepada media, Rabu (21/6) menyebutkan, luas hutan dan lahan yang terbakar sekitar 1,5 hektar terdeteksi di 'aplikasi dashboard lancang kuning' pada Rabu 21 Juni 2023, katanya.

Kemudian lanjutnya, berdasar informasi tersebut tim Polsek Ukui bersama TNI, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau langsung bergerak cepat menuju lokasi yang berjarak 30 kilo meter dari Polsek dengan menggunakan 10 unit sepeda motor roda 2 untuk melakukan upaya pemadaman.

Anggota tim bergerak menuju lokasi Karhutla, karna jarak tempuh yang cukup jauh dan medan yang cukup terjal di perlukan waktu tempuh yang cukup lama, untuk menuju lokasi hingga 5 jam, saat tim tiba di lokasi tim langsung melakukan verifikasi sesuai data dari DLHK Riau dan menemukan areal lahan mineral yang telah habis terbakar lebih kurang 1,5 hektar yang masuk dalam Kawasan TNTN (Taman Nasional Teso Nilo) di Dusun Take Jaya RT.11 Desa Air Hitam. Namun, "api sudah padam, dan hanya meninggalkan sisa asap yang keluar dari tunggul kayu yang telah terbakar". ungkap Kapolres Pelalawan.

Lanjut Suwinto, saat tim tiba di lokasi kebakaran hutan dan lahan tim menemukan bekas kayu tumbang, sisa belukar yang sebagian telah habis terbakar yang hanya menyisakan asap dari tunggul kayu yang terbakar, karna lokasi perbukitan sehingga tim sulit menemukan air, yang dapat di lakukan tim hingga larut malam yaitu melakukan lokalisir areal yang telah terbakar dan melakukan pemadaman dengan alat seadanya agar api tidak kembali hidup serta kembali meluas, katanya.

Saat ini Polisi sedang menyelidiki penyebab kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kawasan Taman Nasional Teso Nilo terkait pihak yang melakukan aktifitas pengolahan lahan yang terbakar.

"Polsek Ukui masih melakukan penyelidikan, dan tim juga sudah memasang 'Police Line' di lokasi yang terbakar". Ujar Kapolres Pelalawan.**


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar