Daerah

30 Tahun Profesi Jurnalistik, 5 Anggota PWI Riau Terima Penghargaan PCNO di HPN Kendari

gbr.net (foto istimewa).

GARDAPOS.COM, PEKANBARU - Press Card Number One (PCNO) merupakan penghargaan bergengsi untuk profesi wartawan di Indonesia, dan diberikan setiap tahun kepada wartawan senior yang memiliki dedikasi pada profesi jurnalistik selama 30 tahun tanpa putus. Di samping itu mereka juga dinilai berkontribusi terhadap perkembangan PWI sebagai organisasi wartawan.

Bersempena dengan pelaksanaan Hari Pers Nasional di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 7-9 Februari 2022, yang juga akan dihadiri Presiden Jokowi dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, ada 5 (lima) orang wartawan senior di Provinsi Riau akan menerima PCNO tersebut.

Demikian Informasi tersebut disampaikan Ketua PWI Provinsi Riau Zulmansyah Sekedang dalam laporannya kepada Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi di Balai Pelangi Kompleks Gubernuran, Minggu 6 Februari 2022.

"Kelima wartawan tersebut adalah Dr H Syafriadi SH MH, Ir Yanto Budiman, Drs Sutrianto, Ir Ridar Hendri MIKom dan Drs Kazzaini Ks."

Penghargaan tersebut diberikan oleh PWI Pusat kepada 5 wartawan dari Riau ini dianggap telah memberikan sumbangan signifikan dan dedikasi yang intens kepada dunia jurnalistik. Mereka setidaknya telah memenuhi salah satu dari tujuh kriteria yakni; memiliki karya jurnalistik berkualitas minimal nasional, konsisten berkarya, menjadi pelopor pengembangan genre jurnalistik, memajukan dunia pers, membela kemerdekaan pers, atau konsisten memajukan sumberdaya pers, kata Zulmansyah Sekedang.

Kemudian lanjutnya, selain penghargaan PCNO, PWI Pusat juga akan menyerahkan penghargaan karya tulis Adi Negoro. Untuk Riau sudah tiga kali menerima penghargaan tersebut, Pungkasnya.

Dirinya juga menyampaikan ucapan selamat kepada Gubernur Riau, Syamsuar yang juga menerima penghargaan sebagai Inisiator Olahraga Indonesia pada Ajang Award Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Pusat. Katanya.

''Kita ucapkan selamat kepada Bapak Gubernur Riau yang pada tahun ini dianugerahi award oleh SIWO PWI Pusat. Sungguh sangat membahagiakan dan membanggakan kita,'' ungkap Zulmansyah.

Selanjutnya Syamsuar hanya berpesan, wartawan anggota PWI Riau yang berangkat ke Kendari hendaknya dapat mempromosikan Riau ke tingkat nasional pada ajang Hari Pers Nasional. 

"Selamat berangkat, dan selamat merayakan Hari Pers Nasional 2022," kata Pak Gubernur Riau.*[]


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar