Daerah

Breaking News: Kapolda Riau Tiba Pas Tahun Baru, 1.067 Personel Dilantik Kenaikan Pangkat

Kapolda Riau Irjen Pol M. Iqbal, Sabtu (1/1/2022). (Sumber: Bidhumas Polda Riau).

GARDAPOS.COM, PEKANBARU - Kapolda Riau yang baru, Irjen Pol Mohammad Iqbal tiba di Pekanbaru melalui VIP Bandara Sultan Syarif Kasim II sekira pukul 09.00 WIB, Sabtu (1/1/2022). Demikian keterangan Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto kepada gardapos.com.

Disebutkan, bahwa kedatangan disambut oleh Gubernur Riau Syamsuar, Danrem 031 Wirabima Brigjen M Syeich Ismed, Forkopimda, Ketua Lembaga Adat Melayu Riau, Tokoh Masyarakat, Awak Media, serta jajaran Pejabat Utama (PJU) dan sejumlah Kapolres.

Sebelum menjabat Kapolda Riau, Irjen Iqbal sebelumnya menjabat Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). (Dari keterangan berbagai sumber, red) diketahui pria kelahiran Palembang, 4 Juli 1970 itu merupakan lulusan Akpol 1991 dan pernah bertugas di Riau.

Dalam kesempatan tersebut, Irjen Iqbal menyatakan kesiapannya menjalankan tugas sebagai Kapolda Riau. Ia akan langsung bersinergi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan akan menjalankan program-program pembangunan demi memajukan Negeri Tanah Melayu. Bahkan disebutkan bahwa dirinya berkomitmen untuk menjaga amanah dengan sebaik-baiknya dan akan langsung gaspol gigi lima, katanya.

Kemudian lagi katanya, bagi Irjen Iqbal, Riau bukanlah daerah yang asing lagi. Pasalnya, beberapa tahun silam, dia pernah bertugas di Riau dan beberapa kali memegang jabatan di jajaran Polda Riau sebelum 2005 meninggalkan Riau karena mengikuti pendidikan Sespim.

Sebagaimana disebutkan, "bahwa tahun 2000 saya (Irjen Iqbal, red) masuk Riau, 2005 saya meninggalkan Riau karena mengikuti pendidikan Sespim. Putera saya kedua lahir di Riau, oleh karena itu saat saya terima telegram mutasi ke Riau, saya bahagia. Seperti pulang kampung. Karena banyak kenangan manis di Riau," ungkapnya.

Kemudian juga elemen masyarakatnya sangat bersahabat bahkan seperti saudara saya. Apalagi tim saya dulu juga masih banyak. Karena saya dulu pertama Kasat Lantas Poltabes Pekanbaru, terus saya jadi Wakapolres Dumai, terakhir saya jadi Koorspri Kapolda (Riau). Banyak juga saya interaksi sama anggota, ungkap Irjen Iqbal yang katanya dikenal akrab dengan kalangan wartawan, bahkan pernah menjabat sebagai Kadiv Humas di Mabes Polri.

Pesan Kenaikan Pangkat dari Irjen M.  Iqbal

Selanjutnya lepas acara seremonial penyambutan, Kapolda Riau Irjen Iqbal di halaman kantor Mapolda Riau, Sabtu sore nya langsung pimpin upacara laporan kenaikan pangkat personel kepolisian di jajaran Polda Riau periode 1 Januari 2022 sebanyak 1.067 personel.

Ditengah guyuran hujan Irjen M Iqbal tetap mengingatkan personel agar lebih bertanggungjawab dalam menjalankan tugas agar semakin dicintai masyarakat dan berpesan jaga keselamatan dan kesehatan untuk kita semua dan keluarga dirumah, pesan Irjen Muhammad Iqbal.

Usai pimpin upacara kenaikan pangkat, Irjen M. Iqbal saat melayani dorstop para wartawan menegaskan, bahwa kenaikan pangkat ini kan tidak tiba-tiba. Ada beberapa proses yang harus dilalui, verifikasi, penelitian, prestasi kerja, kinerja, pemantauan aspek kinerja, karakter kerja, karakter iman. Alhamdulilah 1.067 personel jajaran Polda Riau kita lantik, dan disini (Mapolda Riau, red) sebanyak 287 personel,” ungkap Irjen Iqbal.

“Saya tadi berpesan, agar memberikan manfaat kepada masyarakat, dan mencintai keluarga. Kenaikan pangkat melambangkan semangat dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara. Semakin PRESISI, Profesional, semakin juga mengambil hati masyarakat agar dicintai masyarakat,” tutup Iqbal.

Berikut data personel yang naik pangkat di Polda Riau periode 1 Januari 2022 sebanyak 1.067 orang terdiri dari Satker Polda Riau sebanyak 298 orang, dengan rincian, Ke Kombes Pol: 1 orang; Ke AKBP 8 orang; Ke AKBP Pengabdian 7 orang; Ke Kompol 28 orang; Ke Kompol pengabdian 4 orang; Ke AKP 44 orang; Ke AKP pengabdian 1 orang; Ke Iptu 34 orang; Ke Iptu pengabdian 1 orang; Ke Aiptu 9 orang; Ke Aipda 45 orang; Ke Bripka 62 orang; Ke Brigadir 29 orang; Ke Briptu 9 orang; Ke Bharaka 13 orang; Ke Bharatu 3 orang.
(Sumber: Bidhumas Polda Riau)

Kemudian dari satuan wilayah jajaran Polres/ta sebanyak 769 orang, dengan rincian, Ke AKBP pengabdian 4 orang; Ke Kompol 19 orang; Ke Kompol pengabdian 2 orang; Ke AKP 80 orang; Ke AKP pengabdian 2 orang; Ke Iptu 62 orang; Ke Iptu pengabdian 1 orang; Ke Ipda pengabdian 8 orang; Ke Aiptu 63 orang; Ke Aiptu pengabdian 1 orang;  Ke Aipda 305 orang; Ke Aipda pengabdian 1 orang; Ke Bripka 143 orang; Ke Brigadir 51 orang; Ke Briptu 27 orang.**[]


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar