SUKSESKAN TMMD YANG KE 105 KODIM 0313/KPR KORAMIL 09/LGM LAKSANAKAN PEMADAMAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN (KARHUTLA)

Jangan Katakan Tidak Sengaja Membuka Lahan Dengan Membakar

Babinsa Koramil 09/Lgm dan instansi terkait berhasil padamkam api sebelum merebak membakar lahan seluas 0,25 ha milik warga, Kamis (1/8/2019).

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Babinsa Koramil 09/Lgm dan instansi terkait berhasil padamkam api sebelum merebak membakar lahan seluas 0,25 ha milik warga di Kelurahan Kerinci Timur, Kec. Pangkalan Kerinci-Riau, Kamis (01/08/2019).

"Diduga pemilik lahan akan membuka lahan perkebunan, karena dilihat dari tempat kejadian diduga bahwa kebakaran tersebut disengaja dan saat ini pemilik lahan masih diambil keterangan pendalaman motifnya oleh pihak berwajib," terang Serma Sahuli Abni.

Dalam kondisi seperti ini menurutnya tidak baik dan sangat disayangkan apabila kejadian tersebut sengaja dilakukan. Selaku aparat teritorial, kami dari Koramil 09/Lgm terus melakukan patroli mengingatkan masyarakat baik melalui Sosialisasi/Komsos agar kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari, ujarnya.

"Kami terus melakukan sosialisasi dan menghimbau kepada masyarakat, bahwa membuka lahan dengan cara maksud dan tujuan dengan membakar itu dilarang karena, bisa membahayakan dan berakibat terbakarnya hutan maupun ladang masyarakat," tegasnya.

Alhamdulillah, berkat kesigapan dari semua pihak yg ada dilokasi kejadian, akhirnya pada pukul 17.30 Wib, api dapat dipadamkan dengan bantuan 2 unit pemadam kebakaran pemda serta instansi kecamatan terkait dengan masyarkat peduli api, tutupnya. (*)


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar