Nasional

Munculnya Figur Wajah Baru 'Bacawako' Pekanbaru DR. (C) Ragil Ibnu Hajar, S.H., M.Kn

Wajah baru Bakal Calon Walikota (Bacawako) Pekanbaru DR. (C) Ragil Ibnu Hajar, S.H., M.Kn.

GARDAPOS.COM, PEKANBARU – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan sarana untuk mewujudkan sistem demokrasi secara utuh serta sebagai langkah merealisasikan kedaulatan rakyat. Masyarakat Pekanbaru selalu menaruh harapan besar dari setiap momentum Pilkada atau Pemilihan Walikota Pekanbaru (Pilwako) tahun 2024. Masyarakat Pekanbaru berharap akan ada perubahan mendasar bagi kehidupan dan penghidupannya pasca Pilkada/Pilwako tersebut, yaitu meningkatnya tarap kesejahteraan oleh pemimpin yang terpilih nanti.

Wajah baru, Bakal Calon Walikota (Bacawako) Pekanbaru DR. (C) Ragil Ibnu Hajar, S.H., M.Kn (akrab dipanggil bang Ragil) diketahui secara resmi telah mengembalikan berkas pendaftaran di 3 (tiga) Partai Politik yakni DPD Partai Nasdem (7/5), DPC Partai PDI-P dan PKB (8/5) lalu.

“Ya benar, sudah 3 partai yang kami sudah mendaftar dan saya beserta tim telah mengembalikan formulir pendaftaran sebagai bakal calon walikota (bacawako) Pekanbaru di Partai Nasdem, PDI-P dan PKB, untuk selanjutnya mereka memeriksa berkas-berkas tersebut dan sesuai dengan mekanisme aturan partai, mereka akan melanjutkan ke DPP untuk pengambilan keputusan dalam memberikan rekomendasi." ungkap Ragil Ibnu Hajar kepada gardapos (13/5).

Jadi, kita saat ini masih menunggu bekas-berkas yang sudah mereka terima untuk diusulkan kepada DPP dalam pengambilan keputusan untuk memberikan rekomendasi. "Dan saya sangat siap untuk mengikuti proses koalisi dan tahapan yang dilakukan partai-partai." Pungkasnya.

Harapan, kalimat ini lah yang terbenak di dalam hati masyarakat kota Pekanbaru di mana kita ketahui akan di adakannya pilkada pemilihan Wali Kota pekanbaru periode 2024-2029. ”Saya dan tim hadir disini dengan niat tulus maju sebagai Bakal Calon Walikota (Bacawako) Pekanbaru dan tekad itu sudah bulat yakni untuk mengabdi pada Kota Pekanbaru dengan #tagline Wajah Baru Untuk Pekanbaru Maju." Ungkap Ragil.

Menurut Ragil, memiliki pemimpin yang tegas, jujur, adil serta memiliki prinsip hidup menjadi kepala daerah yang bekerja sebagai ibadah dan di lakukan dengan penuh rasa ikhlas. Pandangan filosofis ini bahwa bekerja tidak hanya menggelembungkan perut semata, melainkan lebih dari itu.

Kerja adalah untuk menata ulang hidup, agar lebih baik. Menata generasi keluarga ke depan, agar memiliki kehidupan yang layak, baik di mata masyarakat atau di mata Allah SWT agar kita harus mampu menciptakan generasi yang tangguh, generasi yang mampu menciptakan kehidupan yang lebih baik, generasi yang memiliki itikad membangun peradaban dengan akhlak mulia.

Kemudian menurut Ragil lagi, bahwa kunci kerja sebagai ibadah adalah akhlak mulia. Dengan akhlak mulia inilah yang harus di wujudkan dalam kehidupan sehari-hari, akan memberi dampak positif pada suasana di ruang kerja lebih hidup, dinamis serta penuh keteduhan. Inilah sikap seorang pemimpin yang islami dan selalu memberikan yang terbaik pada masyarakat dengan prinsip bekerja melayani masyarakat adalah ibadah memudahkan negeri ini, termasuk di kota pekanbaru sebagai kota madani.

Inilah sosok pemimpin yang sangat di harapkan oleh semua masyarakat pekanbaru untuk mengatur kursi pemerintahan. Dengan itu semua pasti akan terwujud suatu harapan yang sudah lama di idam-idam kan sejak lama. "Semoga Allah S.W.T meridhoi niat saya ini dan mendapat dukungan partai-partai serta masyarakat kota Pekanbaru."

Berikut ini Daftar Riwayat Hidup:
BAKAL CALON WALIKOTA (BACAWAKO) PEKANBARU, DR (C) Ragil Ibnu Hajar S.H,.M.Kn

A. DATA PRIBADI
Nama lengkap: DR. (C) Ragil Ibnu Hajar, S.H., M.Kn
NIK:1403093012871172
Tempat/tanggal lahir: Duri, 30-12-1987
Jenis kelamin:Laki-laki
Usia: 36 Tahun
Alamat Tempat Tinggal: Jl. Kaharudin Nasution Gg. Libas, RT
002 RW.008, Kelurahan Simpang Tiga
Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru

Status Perkawinan: Kawin
Agama: Islam
E-mail: [email protected]
No hp: 085271288009
Status Keanggotaan partai: Anggota/non Anggota*)
No. KTA*: -
Status Kepengurusan di partai: Pengurus/non Pengurus*)
Jabatan di Kepengurusan Partai: -

B. RIWAYAT PENDIDIKAN
1. SD Negeri 015 Duri Timur: 1995-2000
2. SMP Negeri 03 Mandau: 2000-2003
3. SMA Negeri 2 Mandau: 3003-2006
4. Fakultas Hukum Universitas Islam Riau: 2007-2012
5. Magister Kenotariatan Universitas Diponegoro: 2013-2015
6. Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Islam Riau: 2021 sekarang

C. RIWAYAT PEKERJAAN
Kantor Notaris/PPAT Ragil Ibnu Hajar, S.H., M.Kn dimulai pada tahun 2017 sampai dengan sekarang.

D. PENGALAMAN ORGANISASI
1. HMI Komisariat Hukum UIR: 2007-2009
2. KAHMI Provinsi Riau: 2022-2024
3. Pengurus KNPI Provinsi Riau: 2022-2024
4. Pengurus BAPERA Kabupaten Pelalawan: 2022-2024
5. Sekretaris IPPAT Kabupaten Pelalawan: 2020-2022
6. Ketua Ikanot UNDIP Provinsi Riau: 2024-2027
7. Pengurus Pusat IPPAT: 2023-2025

E. PUBLIKASI
1. Efektifitas Hukum Pendaftaran Tanah Dalam Mewujudkan Reforma Agraria Berbasis Nilai Keadilan, dimuat pada ISRG Publishers pada 17/09/2023.

F. PENGHARGAAN
1. Piagam Penghargaan atas kepedulian dan partisipasi dalam memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada 100 UMKM di kegiatan helat Kabupaten Pelalawan Ke 23, diberikan oleh Bupati Kabupaten Pelalawan pada 12 Oktober 2022.

2. Piagam Penghargaan atas dukungan dan Kerjasama yang telah diberikan kepada Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci Kelas II, diberikan oleh Ketua PA Pangkalan Kerinci pada 22 September 2022.

3. Sertifikat Penghargaan atas kontribusi dalam kegiatan "Semarak Harmoni Ramadhan 2024" yang diselenggarakan oleh LDK AR-RASYID, KAMMI dan JMSI, diberikan oleh bupati Pelalawan pada tahun 2024.

4. Piagam Penghargaan atas dukungan dan Kerjasama yang telah diberikan kepada Pengadilan Negeri Pelalawan Kelas II, diberikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Pelalawan pada 26 Juli 2021.

5. Piagam Penghargaan Apresiasi Terhadap Wajib Pajak Taat Pajak Daerah Teraktif III Kategori PPAT, diberikan oleh Bupati Pelalawan pada 06 Maret 2023.

6. Piagam Penghargaan sebagai Narasumber Pada Kegiatan Penerangan Hukum Oleh Kejaksaan Negeri di Kecamatan Teluk Meranti, diberikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Pelalawan pada 18 Januari 2021.

7. Piagam Penghargaan Apresiasi Terhadap Wajib Pajak Taat Pajak Daerah Teraktif II Kategori PPAT, diberikan oleh Bupati Pelalawan pada 30 April 2024.

8. Piagam Penghargaan atas Kepedulian dan Partisipasi dalam Memberikan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kepada 125 Imam dan Marbot Masjid di Provinsi Riau, diberikan oleh Gubernur Riau pada 07 April 2022.

VISI DAN MISI BACALON WALIKOTA PEKANBARU DR (C) Ragil Ibnu Hajar S.H,.M.Kn

Berikut ini Visi dan misi yang disertakan deskripsi pendapat, pandangan dan program:

I. Mengenai komitmen terhadap daerah;
#Pelayanan Pendidikan, Kesehatan dan infrastruktur penunjang perekonomian warga mulai dari jalan serta angkutan umum.

#Mendahulukan atau lebih menekankan anggaran pada sektor-sektor yang dimaksud.

#Membuat pelayanan satu pintu dari sebuah aplikasi, dimana pada aplikasi tersebut Masyarakat dapat melaporkan keluhannya dan hasil dari laporan tersebut akan ditindak lanjuti selama 1 bulan sekali dan akan langsung dibuat Langkah penanganan penyelesaian aduan permasalahan di aplikasi tersebut.

II. Mengenai aspek kepemimpinan
Dinamika dan Problematika kepemimpinan di daerah biasanya timbul akibat meletakkan Profesional SDM dengan tidak pada tempatnya. Cara penyelesaiannya dibuatkan 'tes fit' dan 'pro pertes' agar pejabat tadi layak secara keilmuan dan kemampuannya pada jabatan tersebut.

Kebijkan yang dikembangkan model kepemimpinan untuk memastikan efektifitas pelaksanaan program kerja yakni dengan memakai sistem jemput bola serta dengan pelayanan yang optimal dan maksimal.

Adapun dalam program kerja mendesak jangka pendek 0 sampai 1 tahun, lalu jangka menengah di tahun ke 2 sampai tahun ke 4 dan goal di tahun ke 5.[]


(gp1)


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar