Sosbud

Perguruan Muhammadiyah Tanjungpinang Pawai Ta'aruf Sambut Tahun Baru Hijriyah (1445 H)

GARDAPOS.COM, TANJUNGPINANG – Perguruan Muhammadiyah Tanjungpinang yang terdiri atas SD, SMP dan SMA lakukan pawai 'Ta'aruf' dalam rangka menyambut tahun baru hijriyah 1445 H disekitaran lingkungan sekolah, pada hari Selasa 18 Juli 2023 dimulai tepat pada pukul 07.30 WIB dan selesai pada pukul 09.30 WIB.

Peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Setelah mengikuti kegiatan Ta’aruf, peserta didik berkumpul bersama di halaman sekolah sembari menikmati makanan ringan yang dibawa kemudian memasuki masjid At-Taqwa Kauman yang juga berada dilingkungan perguruan Muhammadiyah untuk  mendengarkan ceramah yang dibawakan oleh Al-Ustad Delwi Jonsandre, S.Ag yang juga merupakan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Tanjungpinang.

Adapun tema yang diambil pada kegiatan ini adalah “Mewujudkan generasi Islami yang berlandaskan Iman, Amal dan Ilmu”. Dalam ceramah yang disampaikan, ustad berpesan bahwa sebagai peserta didik harus menjadikan tahun baru ini sebagai sarana perbaikan diri untuk menjadi lebih baik lagi.

Sebelum kegiatan ceramah, ada juga penampilan yang dibawakan oleh para peserta didik dari jenjang SD sampai SMA. Pada kesempatan ini, siswa SD mendapatkan kesempatan untuk membacakan 'Shalawat Nabi', sedangkan peserta didik SMP membaca ayat suci Al-Qur’an dan peserta didik SMA menampilkan 'kultum' (Kuliah tujuh menit) singkat mengenai berbakti kepada orang tua.

Kegiatan ini dihadiri oleh para Kepala Sekolah, para guru dan Majelis Dikdasmen (Pendidikan Dasar dan Menengah) Muhammadiyah Kota Tanjungpinang. Eko Febri Syahputra Siregar, M.Pd., selaku Ketua Majelis Dikdasmen dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai salah satu upaya kegiatan menanamkan semangat menyambut tahun baru hijriyah bagi peserta didik. Beliau berharap agar kegiatan-kegiatan lainnya akan terus bermunculan terutama hal-hal inovasi dan kreativitas peserta didik dan guru di lingkungan Perguruan Muhammadiyah.

Bambang Prasetyo, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah mengucapkan terima kasih kepada para Kepala Sekolah SD dan SMA serta para guru di perguruan Muhammadiyah yang telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan mengharmonisasikan antara iman, ilmu dan amal karena tiga hal tersebut dapat meningkatkan kualitas ibadah seseorang kepada Allah SWT sehingga bisa diterapkan pada tiap-tiap satuan pendidikan.

Diharapkan kegiatan tahun baru islam ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya dan menjadi momentum untuk mengevaluasi dan introspeksi diri masing-masing dengan melakukan hal-hal yang terbaik, sehingga kedepannya lebih baik lagi.**


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar