Nasional

Bupati Pelalawan H. Zukri Terima Penghargaan UHC dari BPJS RI

Ket gbr: Bupati Zukri terima penghargaan UHC dari BPJS RI yang diserahkan langsung oleh Mendagri Tito Karnavian, Selasa (14/32023) di Jaksel.

GARDAPOS.COM, JAKARTA - Sosialisasi yang dilakukan Bupati Zukri dalam berbagai kesempatan kunjungan kerjanya diberbagai wilayah menunjukkan komitmen seorang Kepala Daerah Kabupaten Pelalawan dibidang kesehatan masyarakat dimasa kepemimpinan Bupati Zukri dan Wakil Bupati Nasaruddin SH MH untuk mensukseskan program pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakatnya dengan hanya menggunakan KTP Pelalawan dan langsung terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan, pada akhirnya membuahkan hasil meraih penghargaan UHC.

Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS RI kepada Pemkab Pelalawan itu, Selasa (14/3/2023) langsung diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian kepada Bupati Pelalawan H. Zukri di Balai Sudirman, Jakarta Selatan.

Selain Kabupaten Pelalawan, penghargaan UHC itu juga diberikan kepada Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Meranti, Kabupaten Kuansing, dan Kota Dumai yang capaian jaminan kesehatannya menyeluruh bagi masyarakat di wilayah pemerintah daerah setempat.

Sebelumnya, kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia, kemudian Laporan Direktur Utama BPJS Kesehatan, Sambutan Menko PMK, Pemutaran Video Universal Health Coverage, pemberian penghargaan kepada Gubernur, sambutan Wakil Presiden Republik Indonesia, hingga pemberian kepada Bupati/Walikota yang terpilih.

Intinya terkait Jaminan Kesehatan Semesta Universal Health Coverage (UHC) ini adalah merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya yang terjangkau.

Sebagaimana keterangan Bupati Pelalawan H. Zukri menyebutkan, bahwa Pemerintah Kabupaten Pelalawan saat ini dengan jumlah penduduk lebih kurang 422.907,00 jiwa, berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan yang optimal terhadap seluruh masyarakatnya. Salah satunya diwujudkan dengan menyediakan pembiayan untuk mencapai jumlah kepesertaan menuju Universal Health Coverage (UHC).

“Hasil ini tentu berkat dukungan semua pihak yang terkait dalam mendukung program Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Dimana 97.7 Persen masyarakat Pelalawan telah mengantongi Jaminan Kesehatan,” pungkas Zukri. 

Lanjut ianya berharap dengan tercapainya UHC di Kabupaten Pelalawan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Negeri Seiya Sekata ini, ungkapnya.

"Semoga UHC di Pelalawan terus dapat dipertahankan sehingga akses pelayanan kesehatan terus meningkat, begitupun pelayanannya sehingga semua lapisan masyarakat dapat merasakan dan menerima pelayanan kesehatan yang bermutu." ujar Zukri.


(*/gpc)


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar