Daerah

Awal Tahun 2023 Seksi Intelijen Kejari Pelalawan Laksanakan Program Jaksa Masuk Sekolah

(Ist).

GARDAPOS.COM, PELALAWAN – Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Pelalawan, F.A. Huzni, S.H., beserta Staff Seksi Intelijen dan Tim Medsos Kejaksaan Negeri Pelalawan, dalam keterangannya pada Selasa 17 Januari 2023 kemarin, telah melaksanakan kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di SMP Negeri 1 Teluk Meranti.

Dalam Kegiatan itu dihadiri oleh Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan Atil Mahdar, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Teluk Meranti, serta guru dan siswa/I SMP Negeri 1 Teluk Meranti. 

Tema yang diangkat “Kenali Hukum, Jauhi Hukuman, Taat Hukum, Membuat Hidup Nyaman”.

Jaksa Masuk Sekolah atau disingkat JMS merupakan program Kejaksaan Agung RI dan jajaran Korps Adhyaksa diseluruh wilayah Indonesia yang lahir berdasarkan Keputusan Jaksa Agung RI Nomor : 184/A/JA/11/2015 tanggal 18 Nopember 2015 tentang Kejaksaan RI mencanangkan program Jaksa Masuk Sekolah.

Program tersebut merupakan upaya inovasi dan komitemen Kejaksaan RI dalam meningkatkan kesadaran hukum kepada warga negara khususnya masyarakat yang statusnya sebagai pelajar. Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) ditujukan untuk siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk memperkaya khasanah pengetahuan siswa terhadap hukum dan perundang-undangan serta menciptakan generasi baru taat hukum untuk tujuan Kenali Hukum Jauhkan Hukuman.

Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah kali ini merupakan kegiatan penyuluhan hukum pertama yang dilakukan oleh Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Pelalawan di tahun 2023. Dan kegiatan ini juga dilakukan di daerah yang dapat dikatakan cukup jauh yaitu di Kecamatan Teluk Meranti yang berjarak 87 Km dari Kantor Kejari Pelalawan.

Namun, jarak yang cukup jauh tersebut tidaklah menjadi kendala untuk tim Seksi Intelijen untuk melaksanakan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) karena Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Pelalawan baru saja mendapatkan bantuan berupa Mobil Fungsional Layanan Penyuluhan Hukum dari Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

Kegiatan diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan Bapak Atil Mahdar, dalam sambutannya dia menyampaikan terima kasih kepada Kejaksaan Negeri Pelalawan yang telah mengundangnya dalam pelaksanaan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) kali ini yang dapat membantu para guru serta siswa/i untuk mengenali tentang hukum.

“ Saya berharap program seperti ini rutin dilaksanakan kedepannya oleh Kejaksaan Negeri Pelalawan agar siswa/i pelajar di Kabupaten Pelalawan dapat mengenali hukum sehingga terhindar dari perbuatan yang melanggar hukum kedepannya”, ungkap Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan Atil Mahdar. 

Selanjutnya sambutan dari Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Teluk Meranti menyampaikan, apresiasinya terhadap Kejaksaan Negeri Pelalawan yang telah membuat kegiatan JMS ini di sekolah yang beliau pimpin sehingga dapat memberikan pengetahuan tentang hukum kepada siswa/i yang ada disana.

Kepala Sekolah SMPN 1 Teluk Meranti juga berpesan kepada seluruh siswa/i yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk fokus memperhatikan materi-materi yang diberikan agar siswa/i dapat lebih paham mengenai hukum-hukum yang berlaku, katanya.

Selanjutnya penyampaian materi tentang perkenalan instansi Kejaksaan oleh Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Pelalawan Fusthathul Amul Huzni, S.H kepada guru dan siswa/i menyampaikan materi tentang pengetahuan tentang tugas dan fungsi dari Jaksa bagaimana tahapan-tahapan dalam menangani suatu perkara serta beliau juga memberikan pengetahuan tentang perbedaan tugas dan fungsi dari Kepolisian, Jaksa dan Hakim.

Kemudian disela-sela menyampaikan materinya, Fusthathul Amul Huzni, S.H juga melakukan interaksi tanya jawab dengan guru dan siswa/i sehingga suasana menjadi lebih menyenangkan. Dan untuk lebih menarik keaktifan para peserta dalam sesi tanya jawab itu, tim Seksi Intelijen juga sudah menyiapkan souvenir yang akan diberikan kepada peserta yang aktif dalam kegiatan tersebut, tutupnya.[]

(rls)


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar