Daerah

Danramil 09/Langgam Kodim 0313/KPR Menyambut Baik Evaluasi Kinerja Kecamatan

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Kebijakan otonomi daerah (otda) sebagaimana diatur dalam UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, secara eksplisit memberikan otonomi yang luas kepada pemda untuk mengurus dan mengelola berbagai kepentingan dan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Artinya pemda harus mengoptimalkan pembangunan yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat. Pasalnya, esensi UU tentang Pemerintahan Daerah itu merupakan upaya pemberdayaan pemda dan masyarakat, sekaligus pelimpahan wewenang dan tanggung jawab yang lebih besar untuk mempercepat pembangunan. (Kukuh Sudarmanto, gagasan hukum, Sumber: Seputar Indonesia, 6 Agustus 2012).

Kemudian dalam mewujudkan sinergisitas dan tanggung jawab bersama yang baik pada kesempatan itu dari pihak TNI Danramil 09/Lgm, Kapten Arh Kharidon Sitio turut menghadiri acara Evaluasi Kinerja Kecamatan tingkat Provinsi Riau tahun 2019, Selasa (5/11/2019) lalu bertempat di Aula Kantor Camat Pangkalan Kerinci.

Kalau menurut hemat saya, kegiatan evaluasi kinerja kecamatan ini adalah sangat baik, ugkap Kharidon.

"Kecamatan/Camat inikan perpanjangan tangannya Bupati, evaluasi ini tentu dilakukan untuk menyeragamkan dan menyatukan langkah penyelenggaraan pemerintahan hingga sampai ke tingkat Desa/Kelurahan. Kemudian bagaimana ia dapat mengatur pemerintah kecamatan terhadap pelayanan masyarakat agar dilayani dengan baik," pungkas Kharidon.

Selanjutnya kegiatan tersebut dilanjutkan wawancara dengan UPIKA Kecamatan Pangkalan Kerinci oleh tim evaluasi kinerja tingkat provinsi, ujar Kharidon kepada gardapos.

Turut hadir dalam acara tersebut:
1. Bupati Pelalawan di wakili Asisten 1, Zulhelmi.
2. Danramil 09/Langgam, Kapten Arh Kharidon Sitio.
3. Kapolsek Pangkalan Kerinci, AKP Novaldi, S.Sos,.M.Si
4. Camat Pangkalan Kerinci, Dodi Asma Saputra, S.STP.
5. Tim Evaluasi kinerja Provinsi Riau.
6. Kepala Biro tata Pemerintahan Provinsi Riau.
7. Kepala Puskesmas 1 dan 2.
8. Lurah dan Kades se-Kabupaten Pelalawan.
9. Tomas dan Toga.

Dalam sambutannya tim evaluasi menyampaikan beberapa poin penting terkait kegiatan:
1. Tujuan tim evaluasi tingkat kecamatan adalah untuk peningkatan kinerja yang dilaksanakan pemerintahan ditingkat kecamatan.
2. Sebagai motivasi Pemerintahan Provinsi  mengadakan lomba kinerja tingkat kecamatan dan akan menurunkan tim penilai sebanyak 7 orang dari Universitas Riau.
3. Penilaian meliputi penyerapan dana anggaran tingkat kecamatan.
4. Penilaian tugas pemerintahan: tugas dari Pemerintah Kabupaten, Provinsi, dan Pusat.
- Penilaian inovasi camat, baik penilaian camat individu dan camat dalam kinerja pemerintahan. 
- Tim akan melaksanakan wawancara kepada upika terkait kinerja camat, serta lurah dan kades se-Kecamatan Pangkalan Kerinci. 
- Tim melaksanakan cek dokumen pendukung yang di paparkan oleh camat.***


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar