Pariwisata Indonesia

Fungsi Pengawasan Penjamin Suksesnya Pengembangan Sektor Pariwisata

Foto.Kemenpar RI

GARDAPOS.COM, JAKARTA - Pengawasan pada program pembangunan diyakini menjadi salah satu kunci sukses pengembangan sektor pariwisata di Tanah Air.

Terlebih saat ini, Pemerintah sedang fokus dan mengembangan sektor pariwisata sebagai salah satu penyumbang devisa terbesar di Indonesia.

Inspektur Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Bayu Aji saat Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) Inspektorat Pariwisata di Palembang, Kamis (26/7/2019) mengatakan, pengawasan tidak akan terlaksana dan berhasil dengan maksimal tanpa sinergi antara pengawas dan pelaksana.

“Perlu ada persamaan sikap dan persepsi tentang bagaimana mengelola keuangan negara, aset atau barang milik negara di lingkungan masing-masing,” ujar Bayu Aji.

Lanjutnya ia katakan, fungsi pengawasan di Kemenpar adalah sebagai penjamin kualitas dan deteksi dini dalam tata kelola keuangan. Sehingga bisa menyampaikan nasehat salah satunya dalam pengelolaan sumber daya manusia.

Kemudian katanya lagi fungsi pengawasan ini memiliki peran “watch dog” untuk memastikan kepatuhan terhadap ketentuan. “Serta membimbing dalam mengenali risiko risiko pencapaian tujuan,” jelas Bayu Aji.

Dalam hal tata kelola keuangan sendiri, selama empat tahun berturut-turut sejak 2015 hingga 2018 Kemenpar memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Pencapaian ini adalah suatu hal yang membanggakan. Kami berharap para pegawai di lingkungan Kemenpar terus bekerja keras dalam menjaga integritas tata kelola keuangan negara,” jelasnya. (*)


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar