Sosbud

Penuh Hikmah, Warga RW 012 Masjid Darul Ihsan Komp Perum BLP Qurban 12 Ekor Sapi

Pelaksanaan qurban warga perum BLP pangkalan kerinci kota, (17/6) di masjid darul Ihsan. (Ket.gbr atas: Abdul Aziz, Faizal SE M.Si, Erwan, bawah: Mahmud Hasyim, H Abdul Hamid, Fahmi Tanjung)

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Masyarakat komplek perumahan Bumi Lago Permai (BLP) kelurahan pangkalan kerinci kota, Senin 17 Juni 2024 merayakan hari raya Idul Adha 1445 H tahun 2024 dengan penuh hikmah dengan melaksanakan penyembelihan hewan qurban sebanyak 12 ekor sapi. Walaupun pelaksanaan kurban tahun ini menurut panitia ada sedikit penurunan dari tahun sebelumnya.

Demikian keterangan ini disampaikan sejumlah panitia pelaksana pada saat prosesi penyembelihan hewan qurban di mesjid darul Ihsan RW.012 komplek perumahan BLP.

Fahmi Tanjung ketua RT.03 panitia kurban mengatakan, "inshaallah Idul Adha 1445 H tahun 2024 ini masyarakat komp perum BLP telah melaksanakan penyembelihan qurban sebanyak 12 ekor sapi, dan telah di distribusikan ke warga sekitar RW.012 dari RT.01 - 06 dengan jumlah kupon yang sudah kita bagikan lebih kurang 780 kupon" pungkasnya.

Kemudian lanjut Ketua RW.012 Erwan mengucapkan, "terimakasih banyak kepada warga RW.012 yang sudah berpartisipasi dan ikut serta pada qurban tahun ini dan juga tidak lupa terimakasih kepada RT.01 - 06 dan ketua BKM Darul Ihsan H. Abdul Hamid yang terpilih mewakili masyarakat Riau sebagai anggota DPD RI periode 2024-2029 yang turut serta berpartisipasi bersama masyarakat komplek perum BLP pada pelaksanaan qurban tahun ini," ungkapnya.

Lanjut H. Abdul Hamid S.Pi M.Si anggota DPD RI sampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan qurban ini mengatakan, "syukur Alhamdulillah dan luarbiasa warga kita kompak mengerjakan pelaksanaan qurban hari ini, dan memang ada penurunan jumlah hewan qurban yang sebelumnya ada 18 ekor qurban sapi dan 4 ekor kambing hari ini kita menurun menjadi 12 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Tapi syukur Alhamdulillah sapi sapi yang dicarikan panitia ini luar biasa, rata rata beratnya 80 kg keatas dan itu sangat berkualitas sesuai dengan pemeriksaan tim kesehatan hewan cukup sehat untuk dikonsumsi" ungkapnya.

Harapan kedepan untuk jumlah hewan qurban di komplek perum BLP ini dapat kembali naik, mungkin bisa diatas 18 bahkan sampai 25 ekor. "Ya hal ini agar diberikan kesadaran kepada masyarakat kita pentingnya berbagi daging qurban pada hari raya idul adha, ujar Abdul Hamid.

Hal yang sama juga disampaikan tokoh masyarakat komplek perum BLP kelurahan pangkalan kerinci, Faizal S.E M.Si Ketua DPD PAN dan anggota DPRD Pelalawan 2019-2024, berharap kedepan pelaksanaan jumlah qurban terus kembali meningkat, dan saya apresiasi kekompakan warga sangat luar biasa, sehingga terjalin baik silahturahmi kita sesama warga.

Kemudian kembali dari panitia Mahmud Hasyim menjelaskan teknis pelaksanaan, "bahwa kami dari panitia segera mendistribusikan qurban daging seusai sholat Dzuhur dan selanjutnya kita makan bersama seluruh warga disekitar RW.012 ini yakni dari pukul 13.30 wib hingga 16.00 wib saat pembagian kupon yang sudah diserahkan kepada warga" ujarnya.

Sebelum daging qurban di distribusikan ke warga terlebih dahulu dilakukan pengecekan/pemeriksaan jeroan (hati, jantung, limpa, dll) dari keterangan petugas Keswan Disbunnak Pelalawan Fakhruddin SST menjelaskan, bahwa dari jumlah 12 ekor sapi yakni ada 6 ekor sapi yang sudah dipisah, karena ada nampak sedikit cacing tapi sudah dipisahkan tidak di distribusikan ke warga dan aman untuk dikonsumsi. Jadi, kalau dari segi pita luarnya itu memang sehat sehat semua.

"Ya intinya untuk qurban idul adha di masjid darul ihsan ini tergolong amanlah, dan sudah melalui pemeriksaan, pengawasan dokter hewan dari Disbunnak Pelalawan dan daging qurban layak untuk dikonsumsi", ungkapnya.


gp1

 


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar