Sosbud

Penggali Kuburan Kerinci Barat Dapat Bantuan dari Ormas MPC PP Pelalawan, Rusdianto: Kami Tanggap dan Peduli!

Bantuan sembako untuk jasa penggali kubur diserahkan Rusdianto SE Ketua MPC PP Pelalawan, Selasa (16/1/2024) di TPU Kerinci Barat, Pangkalan Kerinci.

GARDAPOS.COM, PELALAWAN – Pemuda Pancasila atau disingkat PP dilansir dari Wikipedia.org adalah sebuah organisasi paramiliter Indonesia yang didirikan oleh Jenderal Abdul Haris Nasution pada 28 Oktober 1959, sejak tahun 1981 dipimpin oleh Japto Soerjosoemarno. Organisasi ini dibentuk dari gangster politik semi-resmi (preman) yang mendukung pemerintahan Orde Baru Soeharto.

Kemudian dari berbagai literasi (jatengprov.go.id: Jadilah Ormas yang Peka Terhadap Persoalan Masyarakat (5/10/2020) menyebutkan Pemuda Pancasila selain bisa membela dan melayani masyarakat. Pemuda Pancasila diminta untuk terus menjadi organisasi masyarakat (ormas) yang peka terhadap persoalan masyarakat, mengawal program pemerintah daerah. Seperti, Peraturan Bupati (Perbup) tentang penegakan hukum dan persoalan sosial masyarakat.

Berangkat dari sejarah itu Rusdianto SE Ketua organisasi MPC PP Kabupaten Pelalawan yang baru saja dilantik tahun lalu (2023, red) tanggap dan peka dengan memberikan bantuan kepada 4 orang tenaga jasa penggali kuburan di kelurahan pangkalan kerinci barat, kecamatan pangkalan kerinci pada hari Selasa 16 Januari 2024 sore di TPU dekat balai adat pelalawan/komplek perkantoran bhakti praja Bupati Pelalawan yang saat ini kondisinya sudah tidak bisa lagi menampung menguburkan orang mati.

“Niat atau tujuan kita berikan bantuan kepada 4 orang jasa pengali kuburan ini sebagai bentuk kepedulian sekaligus apresiasi kepada mereka yang telah berjasa kepada masyarakat ibukota kabupaten pelalawan, untuk diketahui kondisi TPU ini tidak lagi bisa menampung jenazah karena sudah penuh dan pindah di TPU baru yang sudah disiapkan Pemda Pelalawan,” ungkap Rusdianto Ketua MPC PP Pelalawan kepada awak media saat penyerahan bantuan, Selasa (16/1).

Lanjut Anto juga mengatakan,” PP Pelalawan sangat peduli dengan orang-orang yang berjasa dalam membantu masyarakat terutama bagi jasa penggali kuburan seperti ini yang jarang diperhatikan, maka PP merasa terpanggil dengan pekerjaan yang mulia ini,” pungkasnya.

Hadir dalam penyerahan bantuan itu pengurus inti MPC PP Pelalawan, dan juga hadir dari perwira penghubung TNI, Ketua JMSI Pelalawan dan tokoh masyarakat.

Wak Lim, selaku koordinator pengali kuburan mengucapkan terimakasih banyak kepada MPC PP Pelalawan yang telah memberikan bantuan dan sangat peduli dengan mereka.

“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada ketua ormas MPC PP Pelalawan dan jajaran pengurus yang memberikan bantuan dan sangat peduli dengan kami,” ujar Wak Lim kepada awak media.

Bantuan yang diberikan oleh MPC PP Pelalawan kepada pengali kuburan berupa, beras, gula pasir, kopi, teh dan telor ayam. Bantuan ini diserahkan kepada 4 orang pengali kuburan.

Wak Lim dan anggotanya sudah berkerja selama 16 tahun sebagai jasa penggali kuburan. Sejak tahun 2008 hari–hari mereka dengan suka dukanya mengali kuburan.[]

 

(r07/aps)


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar