Nasional

Tanam Perdana Padi IP200 di Kuala Kampar, Bupati Zukri: Untuk Mendukung Program, Tahun Ini Akan Dibangun Tanggul!

Giat Bupati Zukri tanam perdana padi IP200, Kamis (16/5) di Kuala Kampar. (Foto Ist).

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Kunjungan kerja Bupati Pelalawan H. Zukri SE, Kamis (16/5/2024) di Parit Senang Desa Sungai Solok, Kecamatan Kuala Kampar bersama Danren 031 Wira Bima Brigjen TNI Dani Rakca Andalasawan, S.AP, M.Han, Kapolres Pelalawan AKBP. Suwinto, PJ Gubernur Riau diwakili Kepala Dinas Pertanian Propinsi Riau Ir. Syahfalefi dalam rangka penanaman padi serentak IP200.

Dalam keterangannya, Bupati H. Zukri mengucapkan terima kasih kepada Danrem 031 WB yang telah berkenan hadir di Desa Sungai Solok, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan. Dia menyebut sebelumnya kondisi infrastruktur disini belum sepenuhnya baik (apa adanya) namun memiliki potensi pertanian yang sangat luar biasa.

"Alhamdulillah, saat ini infrastruktur seperti jalan, saat ini lebih baik dari sebelumnya. Dimana biasanya pejalanan darat dari Kelurahan Teluk dalam menuju Sungai Solok ditempuh 1 jam sampai 1 jam 45 menit,  saat ini bisa hanya 30 sampai 45 menit," kata Bupati H. Zukri.

Lanjut Bupati kedepan akan lebih kita tingkatkan lagi infrastruktur di Kecamatan Kuala Kampar ini, terutama sekali jalan yang sudah dilakukan pengerasan, apakah di beton atau diaspal, sehingga dapat memperlancar, mempermudah akses transportasi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ungkapnya.

Bupati Zukri juga menjelaskan bahwa lahan padi di Kuala Kampar merupakan lahan terluas di propinsi Riau, dimana hamparanya mencapai 5.500 hektar, jika lahan padi ini dikelola secara efektif, IP 100 saja akan menghasilkan 15.000 ton, dan jika IP 200  yang saat ini ditanam berhasil secara efektif tentu hasilnya akan menjadi 30.000 ton.

"Saya berharap dukungan dan kekompakan masyarakat petani padi pada program padi IP 200, dan untuk mendukung program ini maka tahun ini akan dibangun tanggul," ujarnya.

Kemudian Bupati Zukri juga menyampaikan beberapa program prioritas Pemerintah Kabupaten Pelalawan, diantaranya berobat gratis hanya dengan menggunakan KTP, dan belaku untuk rumah sakit Pemerintah maupun Swasta, diluar maupun didalam Kabupaten Pelalawan.

Selain itu, ada juga santunan anak yatim, yang saat ini Pemerintah Kabupaten Pelalawan telah menganggarkan 15.3 milyar rupiah setiap tahunnya untuk menyantuni 5.300 anak yatim yang ada di Kabupaten Pelalawan.**


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar