Sosbud

Bupati Zukri Apresiasi Pelantikan Pengurus PWI Pelalawan, Raja Isyam: Wartawannya Berkompeten

Pelantikan kepengurusan PWI Pelalawan, Senin (5/2) di Pangkalan Kerinci.

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Ketua PWI Riau Raja Isyam Azwar melantik kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pelalawan masa bhakti 2023-2026, Senin (5/2/2024) di Gedung Daerah Laksamana Mangkudiraja yang turut dihadiri Bupati Zukri dan kepala OPD, Camat, lurah, Ketua DPRD Baharuddin, Waka 1 DPRD Syafrizal, dan Abdullah.

Ketua PWI Pelalawan, Samsul Bahri, usai prosesi pelantikan menyampaikan ucapan terimakasih kepada para mitra dan terutama Bupati Pelalawan, Forkompinda, serta tokoh masyarakat yang telah membantu dan mensupport kegiatan pelantikan.

Dia juga menyinggung soal tahun politik terkait peran jurnalis yang memang harus dekat dengan semua elemen, baik itu Bupati dan Wabup, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Forkompinda dan tokoh masyarakat.

"Jadi jangan disalahartikan PWI mendukung ini-itu jika kita harus duduk dengan para pejabat yang notabene beda partai. Hakekatnya, PWI adalah organisasi independen yang tidak berafiliasi pada partai mana pun," ujar Samsul saat menyampaikan kata sambutan.

Kemudian sambung Ketua PWI Riau Raja Isyam Azwar menegaskan, meminta wartawan tetap kritis dan membela keadilan, dan kebenaran. Ia juga mengajak PWI Pelalawan mendukung Pemerintah Daerah sebagai mitra organisasi mendahulukan kepentingan daerah dan masyarakat.

"Kita harus selalu mendukung pemerintah dalam hal-hal kepentingan daerah dan masyarakat. Namun harus tetap kritis, membela kepentingan umum, membela keadilan dan kebenaran," tegas Raja Isyam.

Raja Isyam juga menyebut bahwa PWI merupakan organisasi wartawan terbesar di Indonesia yang wartawannya berkompeten. Karena ke depan katanya tidak ada anggota PWI yang tidak kompeten dan dirinya juga menghimbau kepada ketua dan pengurus PWI Pelalawan untuk menjaga amanah organisasi dan menjalin persatuan dan kesatuan anggota.

Selaku Ketua PWI Riau ia berterimakasih kepada mitra kerja, dan Bupati Pelalawan yang selalu mendukung dan mensupport  program PWI.

"Kita harapkan PWI Pelalawan bisa bersinergi dengan Pemkab Pelalawan dan para mitra yang selama ini sudah terjalin dengan baik," pungkasnya.

Selanjutnya, dalam arahannya Bupati Pelalawan, H. Zukri menyampaikan apresiasinya atas dilantiknya Ketua dan jajaran pengurus PWI Pelalawan untuk periode tiga tahun ke depan. Ia juga mengajak wartawan di Pelalawan khususnya PWI untuk selalu mengawal Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

"Kritikan dan masukan dari wartawan menjadi semangat kami dalam menjalankan roda pemerintahan. Dengan pemberitaan positif akan meningkatkan kemajuan dan peningkatan perekonomian," ungkap Zukri.

Namun, ia juga berharap dan mengingatkan PWI Pelalawan agar bisa menjadi teladan bagi wartawan-wartawan lainnya, sehingga dengan begitu tagline Pemkab Pelalawan yakni Pelalawan Maju semakin nyata maju maka dengan saling bersinergi dalam pemberitaan-pemberitaan yang kondusif. Kritikan itu hal yang biasa, wartawan mengkritik konstruktif dengan positif untuk kepentingan umum, tidak mengkritik untuk kepentingan pribadi. Dengan demikian, maka pemerintahan kabupaten pelalawan akan berjalan dengan baik.

"Saya yakin, rekan rekan di PWI Pelalawan adalah jurnalis-jurnalis profesional yang sudah teruji kompetensinya. Saya juga berharap, jabatan apapun kita dan profesi apapun yang melekat di diri kita, niatkan lah semuanya untuk ibadah. Niscaya, jika kita memiliki niat seperti itu maka secara otomatis akan melahirkan jurnalis-jurnalis yang baik," tutup Zukri.[]


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar