Lingkungan

Kades Buluh Cina Azrianto: Akses Warga Terputus Mohon Bantuan Pemerintah ataupun Swasta!

Kades Buluh Cina Azrianto pantau kondisi banjir di wilayahnya, Rabu (20/12).

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Desa Buluh Cina merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar saat ini kondisinya mengalami kebanjiran, keterangan Kepala Desa Azrianto kepada gardapos, Rabu (20/12/2023) pihaknya saat ini memerlukan bantuan baik dari pemerintah maupun swasta akibat akses warganya terputus akibat banjir.

Diketahui informasi jarak ke Ibu Kota Kecamatan adalah 4 KM dengan estimasi waktu 15 menit, jarak ke Ibu Kota Kabupaten adalah 114 KM dengan estimasi waktu 120 menit dan jarak ke Ibu Kota Provinsi adalah 20 KM dengan estimasi waktu 30 menit.

Kades Buluh Cina Azrianto saat melakukan pemantauan bersama gardapos, warga dan tokoh masyarakat buluh cina Rusdinur SH MH melaporkan, sekira pukul 15.30 Wib sore kondisi permukaan sungai Kampar saat ini semakin tinggi, sehingga seluruh akses jalan desa terendam air (banjir). Dan juga hampir 95 persen rumah warga terendam air. "Untuk itu saya telah menghimbau kepada seluruh warga agar waspada dan berhati hati dalam menghadapi musibah banjir ini".

Selain itu, kami juga berharap kepada pihak pihak terkait pemerintah ataupun swasta agar bisa menurunkan bantuannya ke desa buluh cina baik secara logistik maupun non logistik, pungkas Azrianto.

" Ya sampai saat ini warga kami kesulitan untuk keluar dari rumah masing masing, karena akses jalan terputus dan mereka tidak memiliki kenderaan untuk bisa keluar dari rumah mereka masing-masing." ungkapnya.

Disini, untuk sementara waktu penghubung antar warga dengan lainnya menggunakan sampan, perahu dan juga mesin Robin, ujar Azrianto.

Jadi, kami berharap kepada BPBD dan BNPB Provinsi Riau agar bisa sesegera mungkin turun ke desa buluh cina untuk menindaklanjuti dan meninjau keadaan masyarakat desa pada saat sekarang ini, tutupnya.


(Juhendri/sep)


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar