Lingkungan

HS Corina Sembuh, Diduga Oknum Tidak Bertanggung Jawab Memasang Jerat Di Kanal Sangar Blok Meranti PT RAPP

Istimewa.

GARDAPOS.COM, PEKANBARU - Balai Besar KSDA Provinsi Riau beserta Tim  berhasil menyelamatkan dan evakuasi seekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) terjerat di Estate Meranti, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan tepatnya sempadan sungai/kanal Sangar Blok Meranti PT RAPP pada Minggu, 29 Maret 2020 lalu.

Diketahui Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) berjenis kelamin betina (remaja) yang berumur sekitar 3 - 5 tahun dengan panjang badan 170 cm perlu dilakukan observasi dan perawatan karena lukanya serius di PRHSD di Damasraya Sumbar.

Dengan kesembuhan Harimau Sumatera, tim gabungan melakukan pelepasan ke alam liar Harimau Sumatera betina yang di beri nama 'Corina' ke habitatnya, yaitu di kawasan Restorasi Ekosistem Riau, Minggu (20/12/2020) jam 09.00 WIB dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal KSDAE Kementerian LHK Wiratno, yang juga ikut serta dalamnya antara lain tim Balai Besar KSDA Riau, Tim PRHSD, serta tim APRIL/RER - PT Gemilang Cipta Nusantara.

Kepala Balai Besar KSDA Provinsi Riau Suharyono melalui Kasubag Humas BBKSDA Provinsi Riau Dian dalam pesan singkatnya di (Group WhatsApp Media dan UPT KLHK) Minggu 20 Desember 2020 lalu terkait hal tersebut menjelaskan, bahwa pada Tahun 2020 ini Balai Besar KSDA Riau bersama PT RAPP dengan melibatkan TNI dan POLRI beserta masyarakat telah melakukan upaya patroli sisir jerat secara periodik, katanya.

"Ya, kami juga telah menghimbau dan mendorong semua pihak termasuk PT RAPP  untuk mengontrol para pihak yang masuk ke areal kerjanya termasuk mengamankan wilayah nya dari jerat dan oknum yang tidak bertanggungjawab," pungkasnya.

Selanjutnya pembersihan jerat ini juga rutin dilakukan petugas kami baik di kawasan konservasi maupun di sekitar kawasan konservasi termasuk bekerjasama dengan pihak ketiga dalam melakukan operasi sisir jerat.

Kemudian terkait HSC (Harimau Sumatra Corina), mereka punya areal lindung dan Balai Besar KSDA Riau sudah secara tegas mendorong para pihak untuk mengontrol para pihak yang masuk ke dalam areal kerjanya dan menindaklanjuti apabila ada kecurigaan atau oknum yang mencurigakan dan memasang jerat, ungkap Kasubag Humas BBKSDA Propinsi Riau ini. (*/Tim)


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar