Politik

Mengenal Figur Rusdinur SH MH Caleg DPR RI di Dapil Riau 2

GARDAPOS.COM, RIAU - Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah 2024 (Pemilu Legislatif 2024) adalah Pemilihan Umum Indonesia yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2024, untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota) se-Indonesia periode 2024–2029.

Salah satu lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan lembaga perwakilan rakyat yakni DPR terdiri atas anggota partai politik peserta pemilihan umum yang dipilih melalui pemilihan umum.

Provinsi Riau pada Pemilu Legislatif (Pileg) DPR RI 2024 mendatang terbagi menjadi dua Daerah Pemilihan (Dapil) dengan jumlah kursi sebanyak 13 kursi.

Masing-masing Dapil Riau I tujuh kursi, sedangkan Dapil Riau II tersedia enam kursi. Untuk Dapil Riau I meliputi tujuh kabupaten/kota, sedangkan Dapil Riau II sebanyak lima kabupaten.

Dalam kontestasi ini, kami mendapati salah seorang anak negeri dari Kabupaten Kampar, Caleg DPR RI Dapil Riau 2 dari Partai Nasdem Nomor urut 3 RUSDINUR SH.,MH dimana ia menyatakan siap berjuang untuk kepentingan masyarakat Riau. Dan untuk mengenal lebih jauh tentang sosok ini kami dari tim redaksi mencoba menggali beberapa referensi tentang sepak terjangnya sebelum dan sesudah terjun di politik praktis, sbb;

Berikut Riwayat Pekerjaan;
1. Advokat dan Konsultan Hukum Kantor Hukum “Rusdinur & Partner” (berkantor pusat di Jakarta dan Pekanbaru)
2. Komisaris PT. Adinanta Putra Perkasa (Perusahaan bergerak di bidang Outsorching)
3. Direktur Utama PT. Adinanta Putra Tunggal (perusahaan yang bergerak di bidang perumahan/real estate)

Riwayat Organisasi Terakhir;
1. Ketua Garda Pemuda Nasdem Kabupaten Kampar.
2. Ketua Dewan Mustayar Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kampar.
3. Wakil Ketua Umum Prima Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Provinsi Riau.
4. Bendahara Umum Pondok Pesantren Durrotul Ilmy Provinsi Riau (Yayasan Mutiara Waqaf Riau).
5. Dewan Pakar Persatuan Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Kampar.
6. Ketua Dewan Eksekutif Wilayah Rampai Nusantara Provinsi Riau.
7. Ketua Lembaga Swadaya Masyatakat Riau Jaya Lestari Provinsi Riau.

Analisa Swot Pencalonan/Strengths (Kekuatan)

Tolak Ukur Kekuatan Rusdinur Dalam Pileg RI Tahun 2024;
1. Kekuatan basis satu satunya Putra Asli Kecamatan Siak Hulu yang maju menjadi caleg DPR RI dengan daftar pemilih tetap (DPT) sebesar 66.163 (enam puluh enam ribu seratus enam puluh tiga), suara, tentunya dengan jumlah suara sebesar ini telah cukup mengantarkan Rusdinur sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029 mendatang.

2. Selain sebagai putra asli kecamatan siak hulu,rusdinur juga merupakan satu-satunya putra asli kampar yang maju sebagai caleg DPR RI dari partai Nasdem ( nasional demokrat ) sehingga kabupaten kampar adalah basis terbesar dengan kekuatan suara daftar pemilih tetap (DPT) sebesar 600.000 (enam ratus ribu) suara.

3. Rusdinur juga cukup dikenal oleh masyarakat kabupaten kampar karena pernah mencalonkan diri sebagai Bupati Kampar untuk periode 2022-2027,dan setelah melakukan sosialisasi ke 200 lebih desa dan 21 kecamatan di kabupaten kampar sejak tahun 2020, Namun karena regulasi pemerintah RI yang mengeluarkan putusan bahwa untuk PILKADA kampar diundurkan bersamaan dengan 2 kabupaten lain ( kota pekanbaru dan indra giri hilir ) maka PILKADA KAMPAR dilaksanakan serentak pada bulan november 2024.

4. Berbagai organisasi formal dan non formal berada dalam barisan pendukung termasuk tokoh besar riau, kabupaten kampar dan kabupaten lainnya,khususnya barisan alim ulama, ninik mamak, pemika adat, petinggi kerajaan pelalawan, kerajaan gunung sahilan, khalifah kuntu, dan tokoh-tokoh milenial.

5. Barisan garda pemuda nasdem yang telah terbentuk di 21 kecamatan di kabupaten kampar merupakan motor penggerak-pergerakan menuju pemenangan.

6. Rusdinur berada pada tingkat popularitas tinggi dalam survey internal partai nasdem.

7. Memiliki jaringan dari berbagai unsur,baik lembagga pemerintah pusat maupun daerah,serta memiliki basis-basis suara pendukung dari perusahaan-perusahaan, koperasi petani sawit yang tersebar di semua kabupaten yang berada dalam dapilnya dan dalam kapasitasnya selaku corporate lawyer.

8. Kekuatan suara para caleg tandem yang memiliki peluang besar untuk memperoleh kursi baik kabupaten mapun provinsi yang tersebar di daerah dapil masing-masing.

9. Elektabilitas partai nasdem yang semakin hari semakin kuat untuk daerah pemilihan riau 2.

10. Sesuai hasil kekuatan tim yang saat ini tersebar di wilayah dapilnya maka peluang suara pribadi yang akan diraih adalah sebesar ± 120.000 ( seratus dua puluh ribu ) suara dan suara pribadi tersebut cukup mengantarkan Rusdinur sebagai menyumbangkan satu kursi pada pileg 2024 ini.

Membaca dari hasil analisa swot diatas dapat diambil sebuah kesimpulan, bahwa peluang RUSDINUR, SH,MH untuk meraih satu kursi dari partai Nasdem sengatlah besar, dengan memanfaatkan berbagai kelebihan yang dimiliki, ditambah dengan kekompakan partai nasdem ditingkat kabupaten maupun tingkat provinsi. Demikian pula halnya partai nasdem sebagai motor penggerak pengusung salah satu calon presiden RI dan kadernya juga merupakan pemegang Kekuasaan Pemerintahan Provinsi Riau.


(Zal)


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar