Hukrim

Sat Intelkam Polres Pelalawan Himbau Warga Aktif Jaga Kampung, Kamtibmas dan Maksimalkan Pos Kamling

(Ist).

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Mapolres Pelalawan melalui Sat Intelkam Polres Pelalawan bersama dengan Pemerintah Desa Makmur Kecamatan Pangkalan Kerinci pada hari Minggu 13 Agustus 2023 telah melaksanakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dalam Rangka Peningkatan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan Jaga Kampung/Pos Kamling.

Sebagaimana keterangan Ipda Azuardi SH kepada wartawati Cindy Prematur Sevent dan gardapos, Sabtu (4/11/2023) di Pangkalan Kerinci menjelaskan sekaligus sebagai pemateri tentang Peraturan Siskamling, Tujuan dan Fungsi Siskamling.

Kanit IV Sat Intelkam Ipda Azuardi SH lebih lanjut menjelaskan, ada beberapa poin penting untuk diketahui dan dipahami masyarakat, yakni:
1. Siskamling menurut Pasal 1 angka 6 Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2007 Tentang Sistem Keamanan Lingkungan (Perkapolri 23/2007) adalah suatu kesatuan yang meliputi komponen-komponen yang saling bergantung dan berhubungan serta saling mempengaruhi, yang menghasilkan daya kemampuan untuk digunakan sebagai salah satu upaya untuk memenuhi tuntutan kebutuhan akan kondisi keamanan dan ketertiban di lingkungan.

2. Siskamling diselenggarakan dengan tujuan: menciptakan situasi dan kondisi yang aman, tertib, dan tentram di lingkungan masing-masing, terwujudnya kesadaran warga masyarakat di lingkungannya dalam penanggulangan terhadap setiap kemungkinan timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

3. Kemudian fungsi siskamling adalah sebagai sarana warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan rasa aman di lingkungannya, menanggulangi ancaman dan gangguan terhadap lingkungannya serta ancaman/gangguan keamanan dan ketertiban khususnya di lingkungan masing-masing melalui kegiatan-kegiatan pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli atau perondaan, serta kegiatan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan sehingga tercipta suatu lingkungan yang aman, tertib, dan teratur.

"Ya, momen FGD itu adalah salah satu kegiatan khusus guna mengajak pemuda dan masyarakat lebih aktif lagi dalam menjaga agar lingkungan tempat tinggal lebih aman lagi berdasarkan penjelasan tentang aturan yang berlaku," ujar Azuardi.

Kemudian ia mengharapkan masyarakat Desa Makmur kedepan bisa memaksimal kembali kegiatan jaga kampung ataupun Pos Kamling, pungkasnya.

Kegiatan ini mendapat sambutan baik warga desa makmur, Rahmat (warga) menyambut baik dalam pelaksanaan Siskamling ini dibentuk berdasarkan kesepakatan dalam musyawarah warga, dengan berazaskan semangat budaya kekeluargaan, gotong royong, dan swakarsa, katanya.

Selain Sat Intelkam Polres Pelalawan juga turut hadir kegiatan FGD itu Kepala Desa Makmur Suwardi, dan tokoh pemuda setempat.

 

Reportase: Cindy Prematur Sevent


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar