Ekonomi

SIEXPO, Pameran Hulu Hilir Sawit di SKA Pekanbaru

(Ist).

GARDAPOS.COM, PEKANBARU - Kemeriahan acara pameran Sawit Indonesia Exspo (SIEXPO) 2023 dan promosi sawit berlangsung di pekanbaru Convention And Exhibition (Co-Ex Mal SKA), Riau, mulai dari 8-9 Agustus 2023. Sehari jelang SIEXPO Riau menjadi pusat perhatian nasional.

Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi dijadwalkan membuka pameran  dan memberikan sambutan secara langsung kegiatan tersebut, sawit Indonesia juga akan menganugerahkan Sawit Award kepada Gubernur Riau (double award), Dandrem Riau, Kajati Riau dan Kapolda Riau dalam kegiatan SI-EXPO 2023.

"Memang kekompakan Forkopimda Riau untuk mendukung sawit telah menjadi barometer yang bukan hanya di Indonesia, tapi dunia sudah mejadikan Riau sebagai indikatornya," kata ketua panitia pelaksana Qayuum Amri kepada wartawan, Senin (7/8/2023) di Pekanbaru.

Kegiatan Sawit Indonesia Expo 2023 terjadwal diikuti 72 perusahaan, asosiasi sawit, UKM, perguruan tinggi, dan pondok pesantren yang menampilkan berbagai macam produk dan teknologi yang mendukung industri sawit Indonesia terkhusus di Riau.

Menurut Qayuum, tercatat 114 Booth telah terisi oleh 72 peserta pameran yang dari berbagai provinsi dari Riau dan luar Riau. Konsep pameran ini akan berlangsung indoor (dalam ruangan,red) dan outdoor (luar ruangan).

Di dalam ruangan ballroom, pengunjung dapat menyaksikan produk dan bertatap muka secara langsung dengan peserta pameran.  Konsep diharapkan akan mempermudah akses informasi produk dan jasa yang mereka butuhkan.

Sedangkan di luar Ballroom, pengunjung dapat menyaksikan unit alat berat seperti tractor, truck, dumper langsir TBS, excavator dan lain-lain terkait mesin. Ada juga aneka jenis pupuk kekinian, produsen kecambah unggul dan ratusan produk hulu-hilir sawit.

"Di luar ruangan, pengunjung pameran akan melihat demo alat berat sehingga dapat mengetahui keunggulan sesuai kebutuhan mereka," ujar Qayuum.

Khusus untuk alat langsir TBS Petani, akan hadir khusus Pabrikan Distributor Jakarta. "Tim i-KOTO Dumper akan langsung peragaan kecanggihan alat langsir TBS tersebut Bersama Koperasi Sawit Setara APKASINDO sebagai pemegang hak distributor wilayah Riau," lanjut Qayum.

Tak hanya pameran, Sawit Indonesia Expo 2023 menggelar Talkshow selama dua hari dengan berbagai topik dengan menghadirkan para pakar dibidangnya.

Kegiatan 8 Agustus 2023 Talkshow atau dialog promosi sawit baik dengan pembicara sesi I antara lain Helmi Muhansyah (Kepala Divisi UKMK BPDPKS), H Zulfadli (Kepala Dinas Perkebunan Riau), dan Dr. Sadino (Dewan Pakar GAPKI).

Sesi kedua membahas Peningkatan Kesejahteran Petani Berbasis Kemitraan dan UKMK yang menghadirkan lima pembicara yaitu Fitria Kurniawan (Sustainability Manager Apical), Dr. Rino Afrino (Sekjen APKASINDO), Setiyono (Ketua Umum Aspekpir Indonesia), Dr. Karmila Sari ( Ketua DPW Samade Riau), dan Hj. Susilawati (Manager SDM dan Umum Taspen Life).

Selain itu, akan ada Sharing Knowledge  yang menghadirkan Karlina Bone, Head of Division System Certification TUV Nord Indonesia dengan topik "Implementasi Sawit Berkelanjutan dan Uji Laboratorium".

Pada Rabu (9 Agustus 2023), atau sesi III-V pembicara akan membahas tema "Optimalisasi Potensi Benih Sawit dan Pupuk Untuk Peningkatan Produktivitas", mereka adalah Zulhermana Sembiring (Head of Palm Oil Breeding and Seed Production PT Sampoerna Agro Tbk),  Dr. Kenneth Gales (Technical Advisor PT ASD-Bakrie Oil Palm Seed Indonesia), Prof (Ris). Ir. H. Didiek Hadjar Goenadi, M.Sc., Ph.D., INV (Ketua Umum Asosiasi Inventor Indonesia, dan Dr. Kabelan Kunia (Senior Advisor R&D PT Satya Agrindo Perkasa).

Sesi berikutnya membahas Solusi Penggunaan Alat Berat Yang Efektif dan Efisien dengan pembicara Ripin (Branch Area Coordinator GM Tractors),  Adi Pranata  Simanjuntak (Branch Manager Pekanbaru GM Tractors), dan Eka Mustika Gandarasa (Country Manager, PT Trelleborg Indonesia).

Di sesi terakhir, sesi V,  akan ada topik  Solusi Digitalisasi di Perkebunan Sawit yang menghadirkan pembicara antara lain Yudi Cahyadipura (National Partnership Manager Indonesia Kacific) dan Gilang Akbar Rizkyan (Department Head of Enterprise Presales & Solution Architect PT Link Net Tbk).

Berdasarkan update peserta yang melakukan registrasi online, sudah ada 1500 pengunjung yang akan hadir dalam pameran dan talkshow, belum lagi peserta pengunjung yang langsung hadir di tempat pameran, terkhusus masyarakat Riau dan tentunya petani sawit yang khusus hadir dari 22 Provinsi Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO).

"Kami juga secara khusus mengundang rekan-rekan media yang ada di Riau untuk hadir pada acara SIEXPO ini, selain untuk melihat kemajuan hulu-hilir sawit, kawan kawan wartawan di Riau juga bisa menanyakan perkembangan industri sawit Indonesia, sebab banyak hadir perusahaan-perusahaan sawit yang membutuhkan mitra dibidang media untuk memberitakan produk masing-masing," jelasnya.

Ketua APKASINDO Riau, KH Suher, menghimbau petani sawit di Riau, untuk datang mengunjungi pameran industry sawit terbesar di Indonesia ini. “Suatu kehormatan buat kita Riau menjadi tuan rumah acara ini dan tentu sangat bermanfaat untuk mejelajahi dunia sawit kekinian” ujarnya.

Ayo catat tanggalnya 8 - 9 Agustus 2023 (Pembukaan Acara tanggal 8 jam 09.00 WIB) di Co_Ex Mal SKA Pekanbaru, tutup KH Suher. **


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar