Hukrim

Telah di Louncing Polisi RW di Kabupaten Pelalawan

(Ist).

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto, SH, SIK bersama Forkopimda, Kabidkum Polda Riau Kombes Pol Taufik Lukman Nurhidayat. S.IK, selaku Pamatwil Launching Polisi RW Polda Riau di Kabupaten Pelalawan dengan melakukan pelepasan ratusan ekor burung merpati dan pemukulan gong pertanda telah di launching-nya program Polisi RW.

Acara yang digelar pada hari Rabu (14/6/2023) di anjungan dermaga penyeberangan Desa Kuala Terusan, Kecamatan Pangkalan Kerinci mendapat apresiasi masyarakat Pelalawan. Polisi RW adalah program dari kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan basis kewilayahan. Polisi RW akan berkomunikasi dan berkonsolidasi dengan Ketua RW, termasuk bersama dengan tokoh masyarakat setempat.

"Launching Polisi RW yang merupakan program Kapolri ini adalah untuk dapat mendukung dan mewujudkan polisi yang dekat dengan masyarakat sebagai sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat." pungkas Suwinto.

Lanjutnya, untuk Kabupaten Pelalawan ada terdapat 734 RW, untuk Polisi RW sendiri ada 421 Personil Polri, Karena jumlah Personil Polisi RW belum mencukupi, jadi ada 1 Polisi RW yang merangkap untuk meng-cover beberapa RW, tergantung dari luas wilayah dan jumlah Penduduk yang mendiami dalam satu wilayah RW.

Dalam program Polisi RW ini, semua anggota Polri dari setiap fungsi di libatkan dalam pelaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pembina Kamtibmas di tingkat RW yaitu dengan cara berbaur dengan masyarakat guna menampung permasalahan dan keluhan masyarakat guna melakukan pemecahan masalah atau problem solving, ungkapnya.

"Launching Polisi RW di Kabupaten Pelalawan sendiri merupakan bagian dari Launching Polisi RW di Polda Riau dan 11 kabupaten kota se Provinsi Riau yang dihadiri langsung oleh Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal.SIK.MH, Gubernur Riau Syamsuar MSi dan Forkompinda Riau." Jelas Kapolres.

Polisi RW ini hadir di tengah masyarakat agar dapat mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas dengan melakukan deteksi dini di tengah masyarakat, sehingga dalam bekerja, Polisi RW harus bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat.

Dengan adanya Polisi RW ini diharapkan akan terjalin interaksi untuk saling memecahkan masalah secara bersama dan saling mengembangkan sikap positif, memberikan kesempatan untuk saling memahami tentang apa yang sedang dibutuhkan atau yang diperlukan oleh masyarakat saat ini, sehingga prinsip 'community policing' dan 'restorative justice' serta akuntabilitas tentang Penegakan Hukum dapat  diterapkan.

"Kita berharap kehadiran Polisi RW di jajaran Polres Pelalawan ini dapat hadir, berbuat yang terbaik dan bermanfaat bagi Masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Pelalawan, dengan harapan situasi Kamtibmas wilayah hukum Polres Pelalawan tetap dalam keadaan aman dan kondusif," katanya.

Kemudian kembali di jelaskan Suwinto, bahwa Polisi RW ini mengedepankan upaya preventif dalam mewujudkan stabilitas keamanan masyarakat, ujarnya.

Usai rangkaian Launching Polisi RW Kapolres Pelalawan beserta Forkopinda dan Pamatwil Polisi RW Polda Riau juga bekerja sama dengan Basnaz Kabupaten Pelalawan berkesempatan menyerahkan paket sembako kepada masyarakat kurang mampu yang tinggal di seputaran dermaga penyeberangan Desa Kuala Terusan, Kecamatan Pangkalan Kerinci.**


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar