Budaya dan Sastra

Dukung dan Lestarikan Budaya Silat Melayu, RMB-LHMR Pelalawan Safari Kelaman Silat Pangean di Kerumutan Bunut dan Ukui

(Ist).

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Tradisi Silat Pangean di Kecamatan Kerumutan tak pernah lekang oleh hujan dan tak pernah luntur oleh panas, dan selalu mentradisi, menjadi kekhasan daerah melayu.

Seperti umumnya di masyarakat Melayu Kabupaten Pelalawan terus melestarikan tradisi budaya melayu yang turun menurun ini. Banyak laman (gelanggang) silat berdiri salah satunya di Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Riau. 

Maka dari itu, untuk menjaga kelestarian budaya melayu di Negeri Seiya Sekata. Organisasi melayu yang bernama Rumpun Melayu Bersatu (RMB) Laskar Hulu Melayu Riau (LHMR) Kabupaten Pelalawan melakukan safari ke laman-laman silat yang berada di Kabupaten Pelalawan.

" Alhamdulillah, kemarin kita mengunjungi beberapa laman silat yang berada di Kabupaten Pelalawan diantaranya Kecamatan Kerumutan, Ukui dan Bunut," kata Panglima RMB-LHMR Kabupaten Pelalawan, Datuk Yusri SH, pada Kamis 29 Desember 2022 kemarin.

Datuk Yusri SH menjelaskan, bahwa Silat Pangean merupakan salah satu kebudayaan tradisional Melayu dan juga salah satu warisan budaya tak benda.

" Oleh karena itu, RMB-LHMR Pelalawan mendukung dan melestarikan budaya Silat Pangean ini agar selalu dilestarikan dan tak tergerus zaman. Salah satu dukungan kami dengan melakukan safari serta memberikan sedikit bantuan untuk laman-laman Silat Pengean di Kabupaten Pelalawan," pungkas Datuk Yusri SH. 

Sementara itu, Lurah Kerumutan Abdul Gani SH mengapresiasi program safari RMB-LHMR Kabupaten Pelalawan yang memperhatikan laman-laman Silat Pengean di Kabupaten Pelalawan, khususnya Kelurahan Kerumutan.

" Kita berharap kegiatan yang di galakan RMB-LHMR Pelalawan ini menjadi dukungan dalam melestarikan budaya Melayu di Pelalawan, tentunya sangat membantu Pemerintah Pelalawan dalam mengembangkan budaya," kata Lurah Kerumutan Abdul Gani SH.

Abdul Gani SH juga mengharapkan RMB-LHMR Pelalawan dapat terus membangun komunikasi aktif dengan laman-laman Silat Pengean di Kerumutan, untuk bersama-sama mengembangkan budaya Silat Pengean ini. **


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar