Sosbud

Munculnya Gelar Pemangku Radja Muda Pelalawan, Begini Kritik Tokoh di Pelalawan!

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Pemangku Radja Muda Pelalawan demikian gelar yang baru saja disandang oleh Tengku Efri Syahputra yang saat ini menjabat Direktur BUMD Tuah Sekata Pelalawan sebagaimana dilansir dari laman berita kabariau (8/12) penobatan dilaksanakan oleh Paduka Duli Yang Mulia Diradja Air Tiris Melayu Kampar, H. Muhammad Yunus pada Kamis 8 Desember 2022 di Komplek Istana Darul Rahmah, Jalan Kaharuddin Nasution, Marpoyan, Pekanbaru.

PDYM. H. Muhammad Yunus selaku Diradja Air Tiris Melayu Kampar, Provinsi Riau kepada media tersebut mengharapkan, dengan adanya, "Penobatan Pemangku Radja Muda Pelalawan (sebelumnya masih menyatu dengan Kabupaten Kampar) akan bisa menambah kekuatan adat di Bumi Melayu Lancang Kuning ini, yang tetap berpegang teguh pada tali sejarah dan agama." ungkapnya.

Namun, disisi lain tak banyak yang berani mengkritik, sebagaimana komunikasi gardapos, Senin (26/12/2022) dengan salah satu tokoh pelalawan, Drs. Nasri Fida E, M.Si sebagaimana awal reaksinya, "senang awak lihatnya kalau dah banyak raje di bumi lancang kuning ni rakyat berjaye aminnn..." ungkapnya.

Kemudian pada reaksi selanjutnya, dirinya seorang mantan pejabat yang lama bertugas di Pemda Pelalawan yang dikenal dengan panggilan Atuk Nas inipun mengkritik adanya Radja Muda Pelalawan tersebut, "apo lak hubungannya raja airtiris dengan kerajaan pelalawan, kerajaan pelalawan itu berdiri sendiri bukan di bawah raja air tiris, sejauh mana kewenangan raja air tiris melantik raja muda Pelalawan, pelalawan itu ada sultannya, dalam struktur kesultanan pelalawan tak ada istilah pemangku Raja Muda, ini gilo pangkat namonyo ni....." pungkasnya.

Kemudian ia melanjutkan, "yg jelas apa kaitannya raja airtiris melantik raja muda pelalawan, yg dilantik harus tau diri juga, sampai saat ini pelalawan itu masih di akui ada Sultan nya, H. T. KAMARUDDIN HAROEN Bin SULTAN SYARIF HAROEN, Sultan ke 10 Dengan gelarnya SULTAN ASSYAIDIS SYARIF KAMARUDDIN HAROEN. itu yg jelasnya. tutupnya. [aps]


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar