Lingkungan

Dampak Bau Busuk dan Polusi Udara Warga Berdemo, Endri Lafranpane S.Pd: Pemda Pelalawan Harus Evaluasi Izin PMKS PT IIS di Pelalawan

Warga Dusun Tua, Kec. Pangkalan Lesung, Kab Pelalawan Demo PT IIS (9/9). (F: Istimewa).

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Warga Desa Dusun Tua dan Warga SP 9A Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan, Riau pada hari Jumat 9 September 2022 melakukan aksi demo ke pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) PT Inti Indosawit Subur (PT IIS) akibat dampak bau busuk menyengat yang berasal dari limbah pabrik tersebut.

Massa aksi demo yang bergerak dari lapangan bola Bane Kompe Panglong menuju gerbang pintu masuk PMKS PT IIS ini mendapat pengawalan ketat dari personil Polres Pelalawan dan Polsek Pangkalan Lesung, sambil melakukan orasi tuntutan atas pencemaran lingkungan kepada manajemen perusahaan.

Koordinator aksi Endri Lafranpane S.Pd kepada wartawan mengatakan, masyarakat setempat merasa limbah PMKS PT IIS ini sudah merusak lingkungan selain itu juga penyebab pencemaran udara (polusi udara, red) di sekitar pemukiman masyarakat.

Lanjutnya, bahwa masyarakat disekitar pabrik tidak dapat lagi menghirup udara segar akibat dampak polusi udara tersebut, malah bau busuk menyengat hidung yang selalu terhirup sehingga ada warga yang merasa mual dan muntah-muntah ketika mencium bau aroma limbah PKS IIS.

Endri meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) untuk dapat mengevaluasi izin PMKS PT IIS ini, diduga pemerintah terkesan lempar batu sembunyi tangan rakyat jadi korban.

“Kami masyarakat meminta Pemda tegas dalam menyikapi persoalan ini, evaluasi izin nya jika perlu tutup saja jika keberadaan Pabrik merugikan dan menimbulkan bahaya bagi kesehatan masyarakat setempat". tegas Endri. 

Hingga berita ini terbit, belum ada klarifikasi dari pihak manajemen Mill Manager Pabrik PT IIS, Tn. Minarjo.**


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar