Opini

Harga Sawit Anjlok, Ulah PKS Kah!

Oleh: Wendi Efredi, Gubernur Mahasiswa FISIPOL UIR.


PEKANBARU - Sepekan terkakhir terjadi polemik tentang pelarangan ekspor minyak goreng dan bahan baku pembuatan minyak goreng oleh presiden, yang mana khususnya di Riau, kebijakan tersebut langsung berdampak pada harga jual TBS. Harga jual menurun drastis menjadi Rp1.800, penurunan yang drastis ini katanya akan sangat berdampak pada perekonomian masyarakat Riau.

Nah, dari beberapa artikel dan informasi yang saya baca pelarangan itu hanya berlaku pada RBP palm olein dan minyak goreng, namun CPO (crude palm oil) tidak ada pelarangan atau pembatasan sebagaimana di sampaikan oleh plt. Dirjen perkebunan Ir. Ali Jamil M.P.,Ph.D.

Kemudian Ketua DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Provinsi Riau, KH Suher menyebutkan bahwa, spekulan TBS dan spekulan CPO sudah bermain dengan menyebarkan (WA-WA) pembelian TBS petani untuk hari ini dan besok dengan harga yang sangat rendah. Dan, diketahui hampir semua PKS dari Sabang-Merauke sudah menurunkan pembelian TBS petani 20-40%. Mirisnya lagi ada beberapa PKS yang sudah membuat pengumuman bahwa untuk beberapa hari kedepan tidak menerima TBS (tutup). Ketika ditanyakan ke beberapa PKS yang akan tutup tersebut, alasan para Manager PKS tersebut hampir sama yaitu, takut CPO produksi mereka tidak ada yang membeli dan tanki CPO akan penuh atau kalaupun ada yang membeli dengan harga jauh dibawah modal belanja TBS.

Menurut saya (Wendi Efredi, red), disini sepertinya ada dugaan permainan atau penetapan harga yang dilakukan oleh perusahaan maupun PKS secara sepihak yang dimana mekanisme penetapan harga TBS tidak sesuai dengan Pergubri nomor 77 Tahun 2020  tentang Tata Cara Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Sawit (TBS).

Dan untuk gubernur/kepala dinas yang membidangi perkebunan terkhususnya di provinsi riau, untuk segera mengawal serta memberi tindakan tegas agar proses penetapan harga TBS di Provinsi Riau sesuai dengan Pergub nomor 77 tahun 2020 tentang Tata Cara penetapan harga Pembelian TBS kelapa sawit agar perusahaan maupun PKS tidak sepihak dalam menetapkan harga TBS petani sawit.**


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar