Lingkungan

Menteri LHK, Siti Nurbaya Datang Ke Pelalawan Tanam Pohon Buah!

Menteri LHK Siti Nurbaya datang ke Pelalawan, Rabu (22/12). (Foto Istimewa, tangkapanlayar.net)

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya datang ke Pelalawan, Riau melakukan penanaman pohon buah, Rabu (22/12/2021) di lokasi model Usaha Pelestarian Sumberdaya Alam (UPSA) di Desa Kemang, Pangkalan Kuras.

Menukil dari Javanewsonline.co.id (22/12) bahwa kunjungan Menteri LHK Siti Nurbaya melakukan penanaman pohon buah diatas lahan seluas 5 Ha atas dasar kegiatan rehabilitasi yang memadukan teknik vegetatif dan sipil teknis dengan memperhatikan kemampuan dan kesesuaian lahan yang bersangkutan atau yang dikenal dengan UPSA.

Saya berterimakasih pada Bupati Pelalawan, Zukri Misran mengizinkan lahan miliknya menjadi lokasi pembangunan model UPSA untuk memberikan contoh nyata kepada masyarakat mengenai upaya pelestarian lingkungan dan sumberdaya alam serta pemanfaatan lahan tanpa harus menanam sawit,” kata Siti Nurbaya.

Ini satu satunya UPSA di Riau yang skema kolaborasi antara masyarakat dengan KLHK melalui UPT BPDASHL Indragiri Rokan yang keseluruhan pembiayaan disalurkan melalui rekening kelompok dan dikelola secara penuh oleh KWT Srikandi yang seluruh anggotanya perempuan.

Diketahui upaya RHL di Provinsi Riau salah satu fokusnya di Pelalawan, yakni di kawasan TN Tesso Nilo. Realisasi pemulihan lingkungan di kawasan bekas HPH ini sudah mencapai 3.585 ha melalui skema RHL dan Rehabilitasi DAS.

Hingga berita ini terbit belum ada terkonfirmasi dengan Menteri LHK Siti Nurbaya terkait kedatangannya ke Pelalawan, Riau.[]


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar