Nasional

Kapasitas TAGANA Riau Nyaris Tak Terdengar Pak Gubri, Apa Ada Oknum di Dissos Provinsi Riau!

Istimewa. Ket.gbr: Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana dan Peningkatan Kapasitas Tagana Provinsi Riau, Selasa (2/3/2021) di Pekanbaru.

GARDAPOS.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau melalui surat undangan Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota Se Provinsi Riau yang ditandatangani Kadis Sosial T. Zul Efendi, SH, M.Si dimana tembusan suratnya juga disampaikan kepada Gubernur Riau di Pekanbaru (sebagai laporan); dan Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI di Jakarta pada Selasa 23 Februari 2021 yang dilaksanakan, Selasa (2/3/2021) kemarin di Aula Batobo Dinas Sosial Provinsi Riau di Pekanbaru menjadi atensi publik apalagi terkait penggunaan anggaran pemerintah di organisasi TAGANA Riau.

Taruna Siaga Bencana yang disingkat 'TAGANA' merupakan bentukan Kemensos RI pada tahun 2004 silam yang sekarang genap usia 17 tahun pada tanggal 23 Maret, di Provinsi Riau ini nyaris tidak terdengar kapasitasnya yang dimaksud, apalagi dibeberapa daerah Kab/Kota se Riau, ada apa dengan Dissos Provinsi Riau saat ini?

Pantauan wartawan saat konfirmasi langsung kepada T. Zul Efendi (2/3) diruang kantornya belum menjelaskan secara detail dikarenakan sebut salah seorang staffnya lagi sibuk rapat dan harus dijadwal ulang kembali pertemuan dengan wartawan, katanya.

Kepala Bidang Linjamsos sdr. Umar dan kasi lainnya saat dikonfirmasi wartawan sayang masih bungkam ditanya terkait peruntukan besaran alokasi anggaran negara dan kapasitas TAGANA di daerah. Namun, Pak Kadis T. Zul Efendi usai rapat koordinasi pembenahan kepengurusan TAGANA Riau yang diketahui ditunda hingga minggu depan menampik kinerja anggotanya pada Rabu (3/3) melalui saluran WA menjelaskan bahwa, rakor Dissos kab/kota dan TAGANA se Prov Riau dalam rangka melihat kesiapan kita di lingkup Dissos dalam menghadapi bencana, katanya.

"Dalam waktu dekat kepengurusan baru segera dibentuk, TAGANA Riau secara operasional tidak vakum hanya kepengurusan perlu segera dibenahi untuk lebih optimalnya peran TAGANA di saat terjadinya bencana," kata Zul Efendi.

Prinsipnya akan segera kita susun kepengurusan baru, saya (kadissos Zul Efendi, red) sudah minta Kabid Linjamsos untuk mempersiapkan segala sesuatunya, tegas T. Zul Efendi dikonfirmasi wartawan.

Sementara ditempat terpisah pada pelaksanaan Rakor dan pembenahan kepengurusan TAGANA se Kabupaten/Kota di Dissos Riau saat dimintai keterangannya tidak mau disebut namanya dengan nada yang sama mengatakan bahwa pembahasan dalam pertemuan tersebut memang mengangedakan jadwal rapat koordinasi ketua FK. TAGANA se Riau untuk menetapkan ketua FK. TAGANA Riau beserta pengurus di karenakan masa jabatan kepengurusan lama sudah berakhir, ungkapnya.

Namun, lanjutnya dalam pertemuan tersebut Kadis Sosial dan Kabid yang membidangi TAGANA Riau akan segera melaksanakan pertemuan tersebut dalam waktu dekat ini, katanya lagi.

" Ya, kenapa Ketua FK. TAGANA Riau mendesak hal ini harus cepat terbentuk agar supaya garis koordinasi FK. TAGANA Kabupaten/Kota dapat berjalan dengan baik untuk menghadapi permasalahaan bencana daerah se Riau." tutupnya. (*/rmi/asp).


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar