Nasional

Ribuan Kaum Muslimin dan Muslimah Kecamatan Langgam Sambut Tahun Baru Islam 1445 H dengan Zikir Akbar Bersama

Zikir Akbar bersama kaum muslimin dan muslimah Kecamatan Langgam sambut Tahun Baru Islam (Hijriyah) 1445 H, Selasa Malam 18 Juli 2023, di Anjungan Ranah Tanjung Bunga tepian Sungai Kampar.

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Tahun baru Islam atau yang disebut dengan bulan "Muharram" adalah bulan pertama dalam kalender hijriyah yang mempunyai keutamaan dan makna penting bagi umat Islam. Pada bulan inilah Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekah ke Madinah.

Kemudian, pada kalender hijriyah 1 Muharram 1445 H, dalam penanggalan kalender tahun masehi jatuh pada hari Rabu, 19 Juli 2023 dimana didalamnya juga terdapat hari yang istimewa, yaitu hari Asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram. Pada kalender Masehi 2023, tanggal 10 Muharram 1445 H jatuh pada hari Jumat, 28 Juli 2023.

"Sebelum Islam datang, bangsa Quraisy selalu berpuasa pada hari Asyura. Tidak terkecuali bagi Nabi Muhammad SAW yang juga melakukannya."

Setiap tahun kaum muslimin dan muslimah di Nusantara khususnya di kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan senantiasa memperingatinya (Tahun Baru Islam 1445 H, red) dalam berbagai kegiatan, seperti kegiatan Zikir Akbar.

Sebagaimana keterangan Sekretaris Camat (Sekcam) Langgam, Maskandar, S.Pt kepada wartawan mengatakan acara peringatan Tahun Baru Hijriah dan Zikir Akbar yang dilaksanakan pada Selasa malam 18 Juli 2023 di Anjungan Ranah Tanjung Bunga tepian Sungai Kampar merupakan kolaborasi dari semua unsur mulai dari PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) Kecamatan Langgam, Kelurahan dan Kecamatan Langgam.

"Dalam acara Zikir Akbar panitia mengundang Ustadz Bondan Nijji Arjajani yang didatangkan dari Pekanbaru. Ribuan warga Kelurahan Langgam Kecamatan Langgam hadiri acara peringatan Tahun Baru Islam 1445 H yang dipusatkan di Anjungan Ranah Tanjung Bunga tepian Sungai Kampar Kelurahan Langgam pada Selasa malam (18/7/23)." Pungkasnya.

Kegiatan Zikir Akbar dalam rangka menyambut bulan Muharram atau yang disebut 'Tahun Baru Islam' 1445 H itu dihadiri Camat Langgam, Lurah Langgam, Anggota DPRD Dapil 5, kaum muslimin dan muslimah para pemuka cerdik pandai, cendikiawan pemuka masyarakat Langgam yang dimulai dari pukul 17.30 WIB sampai dengan selesai yaitu pada pukul 21.00 WIB.

"Melalui kegiatan acara ini kita berharap kepada masyarakat Kelurahan Langgam dan sekitarnya untuk dapat meningkatkan nilai-nilai agama dalam kehidupannya khususnya kepada generasi selanjutnya,"ungkapnya.

Acara ini disambut antusias dan spontanitas oleh masyarakat. Dilihat dari kehadiran masyarakat pada acara ini mencapai dua ribuan orang lebih sehingga membuat lokasi acara balai Anjungan Ranah Tanjung Bunga penuh sesak oleh manusia yang datang.

Pada acara ini panitia menyediakan makan malam kepada masyarakat yang hadir. Makanan yang disediakan berupa nasi bungkus. Acara ini sebutnya, sumber dananya diperoleh dari donatur berupa sumbangan dari masyarakat Kecamatan Langgam.[]


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar