Nasional

Pasca Pilkada Serentak 2020, Kapolri: Tetap Sinergi Jaga Suasana Kondusif

Istimewa. Kapolri Jenderal Idham Azis. (Foto dok Bidhumas Polda Riau).

GARDAPOS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memberikan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat, baik pemerintah daerah, TNI, tokoh masyarakat termasuk pihak penyelenggara yang telah berpartisipasi mengamankan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di 270 daerah sehingga berjalan aman, lancar dan kondusif. Demikian rilis Bidhumas Polda Riau menyampaikan pesan Kapolri usai pelaksanaan pemilu serentak pada 9 Desember 2020 lalu.

Jenderal Idham Azis juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang menjunjung tinggi nilai demokrasi serta pasangan calon yang memiliki kedewasaan dalam berpolitik, ujarnya.

Dengan begitu mereka mampu mencegah berbagai macam bentuk gangguan sehingga tidak terjadi gejolak di masyarakat. 

"Ucapan syukur Pilkada 2020 yang diikuti 270 daerah pada 9 Desember lalu telah berjalan dengan aman dan terkendali tanpa adanya gangguan," ujar Idham.

Pilkada serentak 9 Desember 2020 memang berbeda dengan pilkada sebelumnya karena digelar di massa pandemi virus Covid-19. Berat memang karena dituntut kehati-hatian dari semua pihak khususnya penyelenggara, pungkas Idham.

Setiap pemilih dan petugas TPS wajib untuk mematuhi protokol kesehatan untuk meminimalisir penularan. "Protokol kesehatan memang harus ketat dan itu sudah dilakukan hampir di masing-masing saat pencoblosan," ungkap Idham.

Sampai saat ini, usai pencoblosan pihak kepolisian belum menerima adanya insiden yang menonjol, katanya.

Pihaknya berharap agar kondisi damai seperti ini bisa terus terjaga. Masyarakat termasuk para calon dan tim sukses juga harus siap menerima segala macam hasil keputusan yang ada karena pemilu adalah bagian dari demokrasi.

Harapannya bisa terus sinergi di setiap daerah terus menjaga suasana kondusif menciptakan iklim yang aman bagi masyarakat," tutup Kapolri.[]


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar