Daerah

Gubri bersama Legislator Senayan Tanam Perdana Sawit, Petani: Terimakasih Presiden dan GTW

Istimewa.

GARDAPOS.COM, BENGKALIS - Masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Raih Kemenangan, Desa Muara dua, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, melaksanakan kegiatan penanaman perdana sawit tahap I seluas 217 hektare, Jumat (24/7/2020). 

Dalam kegiatan penanaman perdana sawit rakyat program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang merupakan Program Strategis Nasional (PSN) Pemerintah pusat, terlihat hadir Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, Plh Bupati Bengkalis Bustami SY, Anggota DPR RI Komisi IV Ir Effendi Sianipar diwakili Staff M Kurniawan. 

Terlihat juga saat itu Pimpinan PT Guna Tata Wahana (GTW) Alexander Pranoto dan Pimpinan PT BOS Antoni, Kades Muaradua Eko Priono, Ketua Poktan Raih Kemenangan Idris, sejumlah anggota kelompok tani, masyarakat. 

Dalam kegiatan itu juga dihadiri Forum Koperasi Unit Desa (KUD) Kabupaten Kuansing yang melihat secara langsung proses penanaman perdana ini. 

Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi menyambut baik kegiatan tersebut. Dia berharap tanam perdana sawit ini, tak sekadar seremonial saja. 

"Bibit yang bagus, harus dibarengi  ada pemeliharaan, seperti pupuk dan lainnya, " ujar Syamsuar. 

Dikatakan, gambut sangat riskan dengan kebakaran jika kondisi gambut kering. Maka itu, perlu dilakukan irigasi yang bagus. 

Anggota DPR RI Komisi IV, Ir Effendi Sianipar  menyebutkan, untuk Program Sawit Rakyat (PSR) di Riau, Disbun Riau dan kabupaten/kota harus pro aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat petani mengenai program rakyat ini.

"Pemerintah daerah hingga Provinsi Riau harus proaktif membuat catatan kepada kita, mengenai progres, maupun kendala dilapangan. Kita siap fasilitasi bertemu dengan Kementerian terkait, namun harus juga dilengkapi dengan data," jelasnya. 

Dia juga meminta agar Pemprov Riau menyiapkan data yang akan diperjuangkan di pusat. 

"Kami siap berusaha maksimal mensukseskan program PSR tersebut. Karena program ini dinilai merupakan kegiatan yang sangat bagus untuk peningkatan ekonomi masyarakat petani di desa, " ucapnya. 

Pimpinan PT Guna Tata Wahana, Alexander Pranoto menyebutkan, pihaknya berkomitmen dalam melaksanakan Program Sawit Rakyat di Riau. 

"Kita siap menjalankan program strategis nasional ini. PSR harus sukses di Riau. Mewujudkan ketahanan pangan handal di Riau itu target kami, " kata Alexander Pranoto yang juga Ketua Seknas Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Korwil Riau ini. 

Sementara masyarakat Desa Muaradua mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI, Jokowidodo yang sudah merencanakan PSR ini untuk kepentingan masyarakat. 

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan PT GTW Pak Alex dan Pak Antoni dengan telah dikerjakannya lahan Poktan kami dengan baik," ujar Ketua KT Raih Kemenangan, Idris. ***


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar