Nasional

Pesawat Tempur Hawk TNI AU Satuan Lanud Rusdin Nurjadin Jatuh, KSAU Dikabarkan Ke Pekanbaru

Sumber foto: sigapnews.co.id

GARDAPOS.COM, PEKANBARU - Insiden Jatuhnya Pesawat Tempur TNI AU Jenis T-0209 Satuan Lanud Rusdin Nurjadin, Senin (15/5/2020) di Kec. Siak Hulu Kab. Kampar menurut Informasi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dikabarkan langsung bertolak ke Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, pada hari ini.

Dikabarkan KASAU, mengutip sigapnews.co.id (15/5) ingin mengecek langsung kondisi jatuhnya pesawat tempur milik TNI AU yang jatuh di permukiman masyarakat yang berada di Jl Sialang Indah, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Riau sekitar pukul 08.22 WIB.

Di Lokasi TKP, tim media mencoba mengkonfirmasi langsung kepada Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Letkol Sus Zukri menyampaikan, “mohon kepada awak media berkenan informasi satu pintu, KSAU akan datang ke Pekanbaru, mohon berkenan untuk keterangan nanti akan kita adakan door stop,” katanya dalam pernyataannya lewat sambungan seluler yang diterima tim media, ungkap Sus Zukri.

Nasib pilot sendiri dikabarkan selamat setelah melontarkan diri dari pesawat menggunakan ejection seat.

Saat itu pesawat tersebut dipiloti oleh Letnan Dua Penerbang Reza Yori Prasetyo saat sedang melakukan latihan rutin. Pilotnya sendiri berhasil selamat karena keluar menggunakan kursi lontar sebelum pesawat jatuh.

Tidak ada korban jiwa pada warga karena pesawat saat itu jatuh di lahan kosong di tengah permukiman.

Saksi Mata

Kemudian menurut salah seorang saksi mata mengatakan, kejadian terjadi sekitar pukul 08.22 WIB. “Iya ada pesawat jatuh jaraknya sekitar 500 meter dari rumah saya. Kejadian sekira pukul 08.22 WIB,” kata seorang warga Jl Sialang Indah yang tidak ingin dimuat namanya.

Ia mengatakan belum diketahui pasti adakah korban jiwa, sedangkan lokasi tempat kejadian perkara sudah disterilkan oleh personel TNI AU.

Sementara itu, belum ada keterangan resmi oleh pihak TNI AU terkait jumlah korban dalam insiden tersebut. Namun, pilot pesawat selamat dan tengah menjalani perawatan di rumah sakit.***

(*/tim/gp.1)


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar