Daerah

Bupati Zukri Hadiri Acara Sosialisasi Kebijakan Daerah Kepada LKD dan Kelompok Masyarakat di Desa Air Hitam

Bupati Pelalawan, Zukri. (Ist)

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melaksanakan acara sosialisasi kebijakan daerah kepada Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan kelompok masyarakat, Kamis (1/2/2024) di Desa Air Hitam, Kecamatan Ukui.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam rangka memberikan pemahaman kepada para Kasi Kesra, Kasi Pembangunan dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Ukui di Kabupaten Pelalawan terkait Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 18 Tahun 2018 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan Lembaga Adat Desa (LAD) yang dihadiri Bupati Zukri dan serta Kadis PMD, Kadis Sosial, Kadis PUPR, Kadis Koperasi UMKM, Dinas Pendidikan, Kadiskominfo, dan Dinas Perhubungan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pelalawan, Drs Novri Wahyudi menyampaikan, LKD ini merupakan mitra pemerintah desa dan dengan acara sosialisasi ini nantinya bisa memberikan warna kebijakan kepada kepala desa terkait dengan penggunaan dana desa yang dialokasikan pada LKD yang ada di wilayahnya dapat terlibat langsung dalam membuat kebijakan saat Musrenbang Desa tertuang dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes).

"Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018, banyaknya lembaga kemasyarakatan Desa/Kelurahan menurut jenis yakni LPMD, LPMK, PKK, Posyandu, RW, RT, Karang Taruna menurut Kecamatan secara tidak langsung menjadi mitra pemerintah daerah dan bupati pelalawan membantu dalam menyampaikan program strategis pembangunan daerah supaya masyarakat memahami program pemerintah daerah," ujar Novri Wahyudi, Kadis PMD.

Kemudian lanjutnya dengan adanya acara sosialisasi ini, semua kader LKD hendaknya dilibatkan agar bisa memberikan sarana, masukan dan usulan programnya. Melalui kegiatan ini diharapkan peningkatan sumber daya manusia bisa terfasilitasi melalui LKD yang tidak lepas dari sistem rencana pembangunan desa. Dan harus diketahui apalagi saat ini pemerintah kabupaten pelalawan punya program skala prioritas memberikan bantuan seperti program bantuan santunan anak yatim, bantuan lansia, bantuan buku tulis, bantuan alat pertanian, ungkapnya.

Saat menyampaikan sambutannya, Bupati Pelalawan, Zukri menegaskan bahwa saat ini pemerintahannya lagi gencar-gencar nya mewujudkan program strategis yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Dan salah satunya program yang lagi di wujudkan yakni berobat gratis hanya dengan menggunakan KTP Pelalawan dan santunan/bantuan anak yatim, ungkapnya.

"Saat ini ada 5.300 anak yatim yang mendapatkan bantuan. Dan setiap bulannya anak-anak yatim akan mendapatkan bantuan sebesar Rp250.000. Selain anak yatim, pemerintahannya juga memberikan bantuan untuk guru mengaji dan imam masjid serta bantuan untuk kader posyandu. Disamping itu juga, tahun 2024 kita akan menaikan gaji RT dan RW. Kalau kita serius mengurus anak yatim dan membantu masyarakat, modal kita menuju pintu surga", katanya.

Kemudian Bupati Zukri juga menambahkan, bahwa untuk pembangunan jalan di Kecamatan Ukui, pihaknya kembali mengusulkan bantuan dana kepada pemerintah pusat melalui dana APBN. Ada sekitar 5 kilometer jalan di kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Inhu.

"Kalau usulan ini direalisasikan, tahun 2024 ini akan kita bangun. Dengan keseriusan kita membangun daerah untuk kesejahteraan masyarakat, saya berharap kepada pihak kecamatan, pihak desa dan kelurahan beserta perangkat desa dan kelurahan dapat mensosialisasikan program strategis pemerintah kabupaten pelalawan, untuk kesejahteraan masyarakat". Pungkas Zukri.


(zal, asp)


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar