Hukrim

Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto: Logistik Pemilu 2024 Aman Sampai di Gudang Logistik KPU, Kami Berkomitmen Berikan Pengamanan!

Sidak Pengamanan Kapolres Pelalawan pengawalan dan pengamanan surat suara logistik Pemilu 2024, Sabtu (13/1/2024) di GOR Tengku Pangeran Pangkalan Kerinci.

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Kedatangan logistik pemilu 2024 melalui pelabuhan pelindo perawang kabupaten siak, langsung mendapat pengawalan dari jajaran polres pelalawan. Logistik berupa surat suara ini telah sampai di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pelalawan pada Sabtu malam 13 Januari 2024.

Diketahui, kedatangan logistik Pemilu 2024 di Pelabuhan Pelindo Perawang Kabupaten Siak hingga pergeseran logistik Pemilu ke Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau dikawal ketat pihak Kepolisian mulai dari Polda Riau, Sat Brimobda Riau dan Polres Jajaran Polda Riau.

Penjemputan dan pengawalan pergeseran logistik Pemilu 2024 personel Polres Pelalawan dipimpin oleh Kabag Ops Polres Pelalawan Kompol Maison.SH bersama Kasat Samapta Polres Pelalawan AKP Al Imran, SH. Logistik Pemilu 2024 berupa Surat Suara Pemilu Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan DPD RI dibawa dengan menggunakan 1 unit mobil truk tronton dan 1 unit Colt Diesel menuju Gudang Logistik KPU Kabupaten Pelalawan di Gor Tengku Pangeran Kecamatan Pangkalan Kerinci dengan pengamanan dan pengawalan ketat oleh personel Polres Pelalawan dan dibantu oleh 2 personel Brimob Polda Riau.

Setibanya di Gudang Logistik KPU Kabupaten Pelalawan, logistik Pemilu 2024 diterima oleh Kasubbag Umum, Logistik dan Keuangan KPU Kabupaten Pelalawan Akademika Anggrianty dengan disaksikan oleh Bawaslu Pelalawan.

Usai serah terima, kemudian dilakukan pembongkaran muatan oleh tenaga pendukung KPU Kabupaten Pelalawan dengan disaksikan oleh pihak Kepolisian dan Bawaslu Kabupaten Pelalawan. Selanjutnya seluruh logistik Pemilu 2024 yang baru tiba, langsung disimpan di dalam gudang kogistik KPU dalam keadaan terkunci dan mendapatkan penjagaan oleh personel Polres Pelalawan.

Rincian jumlah logistik pemilu 2024 tersebut berupa Surat Suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 287.212 lembar, DPR RI sebanyak 287.212 lembar, DPRD Provinsi Riau sebanyak 236.523 lembar, DPD RI sebanyak 4.212 lembar dan DPRD Kabupaten Pelalawan sebanyak 292.312 lembar dengan rincian Dapil 1 sebanyak 71.581 lembar, Dapil 2 sebanyak 65.530 lembar, Dapil 3 sebanyak 49.159 lembar, Dapil 4 sebanyak 66.426 lembar dan Dapil 5 39.516.

Keterangan dari Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, S.H, S.I.K (13/1) yang saat itu langsung monitoring berada di gudang logistik KPU menyampaikan, pihaknya telah menjemput logistik Pemilu 2024 berupa Surat Suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dengan pengawalan yang ketat, ungkapnya.

“Pihaknya ingin memastikan seluruh keamanan tahapan pemilu berjalan aman khususnya pendistribusian logistik  surat suara yang merupakan ‘nyawa’ di Pemilu 2024. Sementara itu, kantor penyelenggara Pemilu yakni KPU Kabupaten Pelalawan, Gudang Logistik KPU dan Bawaslu Pelalawan juga dikawal ketat setiap harinya oleh personel Polres Pelalawan, karena tanggung jawab pengamanan Pemilu ada di pundak Polri,” tegas Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, SH SIK.

Kemudian lanjutnya selain terus berupaya untuk mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024 di Kabupaten Pelalawan ini bertujuan agar pemilu berjalan aman dan lancar, untuk itu Kapolres Pelalawan juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengawal dan mengamankan pesta demokrasi ini sampai dengan selesai, katanya.

Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, SH SIK juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikut aktif mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum 2024. Salah satunya dengan menjaga lingkungan dan situasi Kamtibmas tetap aman, damai dan kondusif.

“Kita berkomitmen untuk memberikan pengamanan maksimal terhadap seluruh tahapan pemilu, menjaga netralitas, dan mencegah adanya potensi gangguan keamanan yang dapat mengganggu proses demokrasi,” pungkasnya.

Kondisi saat ini akibat dampak banjir masih melanda sebagian wilayah terpantau di lapangan, banjir masih merendam jalan lintas timur (jalintim) Kabupaten Pelalawan. Pengamanan dan pengawalan esktra pun diberikan oleh Satlantas Polres Pelalawan dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Pelalawan AKP Akira Ceria, SIK MM.

Dalam keterangannya, Kasat Lantas Polres Pelalawan mengawal mobil logistik Pemilu 2024 melintasi titik banjir dengan ekstra hati-hati. Dimana dalam mengambil jalur, pihaknya mengukur jarak kanan dan kiri dengan cermat agar truk logistik tidak terperosok ke parit atau lubang.

"Meski harus menghadapi tantangan alam namun pengamanan dan pengawalan logistik Pemilu 2024 telah menjadi tugas dan tanggungjawab personel Polri, dan kami ingin memastikan bahwa surat suara ini dapat tiba di gudang logistik KPU Kabupaten Pelalawan dalam keadaan baik dan tepat waktu. Sehingga seluruh tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan aman dan baik," tegas AKP Akira Ceria, SIK, MM yang terus berada dilokasi banjir memantau dan melakukan pengaturan arus lalu lintas hingga memberikan pertolongan bagi para pengendara, tutupnya.*


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar