Pendidikan

Mentransformasikan Digital di Perguruan Tinggi Nahdatul Ulama

GARDAPOS.COM, JAKARTA - Seiring perkembangan zaman yang terus bergerak, terutama di  sektor ilmu dan teknologi, perguruan tinggi juga harus melakukan hal-hal  yang berkaitan dengan ilmu dan teknologi. Salah satunya adalah  digitalisasi dalam bidang pendidikan. Ketua Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) Bidang Pendidikan dan Hukum,  Profesor Muhammad Mukri mengatakan Digitalisasi kampus adalah salah satu bagian dari revolusi science dan revolusi digital.

"Manejemen digitalisasi akan semakin memudahkan proses pengelolaan kampus yang terintegrasi dengan baik. Data-data bisa diakses oleh pihak manajemen dengan mudah sehingga aspek supervisi bisa dilakukan dengan baik," kata Prof Muhammad Mukri.

Untuk perguruan tinggi di lingkungan Nahdatul Ulama, digitalisasi kampus ini dikatakan Rektor UNU Blitar Jawa Timur sangat penting. apalagi saat ini perguruan tinggi Nahdatul Ulama saat ini sedang berkembang pesat.

Berangkat dari pemikiran-pemikiran inilah, Nahdatul Ulama akan melaksanakan Simposium 
Nasional Digitalisasi Perguruan Tinggi Nahdatul  Ulama tanggal 27-28 November 2023 di Hotel Mercure Ancol Jakarta. Simposium Nasional ini menghadirkan sejumlah pembicara yang berkualitas, diantaranya Prof Dr Nizam MSc DIC Phd, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Prof Ainun Na'im Ph.D, Ketua LPTNU, Prof Dr Ali Ramdhani, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Bantuan Aan, CEO PT Garuda Cyber Indonesia, Dr Abdul Kahar MPd, Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud Ristek RI, Dr Muhammad Hasan Chabiebie ST MSi, Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbud, Sugiyanto Yoanantan W, Education Lead. Google Cloud Indonesia dan DR Lukman ST M.Hum, Direktur Kelembagaan Kemendikbud Ristek RI.

Simposium Nasional Digitalisasi Perguruan Tinggi Nahdatul Ulama ini, mengusung tema Transformasi Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi. Rencananya akan dibuka Menteri Pendidikan Nadiem Makarim dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Yahya Cholil Staquf. Presiden Joko Widodo juga akan hadir dalam Simposium Nasional Digitalisasi Perguruan Tinggi Nahdatul Ulama ini.

Sekretaris panitia, Bantuan Aan mengatakan kegiatan ini akan diikuti ratusan kampus yang berada dibawah PBNU se-Indonesia dengan ribuan peserta. "Mudah-mudahan dari acara ini akan menghasilkan sebuah resume yang baik tentang digitalisasi pendidikan di kampus-kampus yang ada di PBNU," ujar Bantuan Aan, Jumat (24/11).

Pada Simposium Nasional Digitalisasi Perguruan Tinggi Nahdatul Ulama ini juga akan dilaksanakan Deklarasi Bersama Perguruan Tinggi Nahdatul Ulama Siap Bertransformasi Go Digital.**


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar