Daerah

Bupati Zukri Telah Resmikan 'Jargas' Untuk Kebutuhan Rumah Tangga di Pelalawan

Bupati Zukri Resmikan Jaringan Gas di Kabupaten Pelalawan. (Foto.net/Ist).

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Bupati Pelalawan H. Zukri telah melaksanakan Launching pemanfaatan jaringan gas (Jargas) dan rumah tangga guna memenuhi kebutuhan rumah tangga. Demikian keterangan Bupati Pelalawan melalui Asisten Bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Drs. H. Fakhrizal, M.Si pada Jumat 16 Desember 2022 lalu di Pangkalan Kerinci.

" Ya, Launching tersebut telah dilaksanakan pada hari Selasa 13 Desember 2022 lalu," ungkap Fahrizal.

Kemudian jelasnya, pembangunan jargas tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membantu untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga mendapatkan gas yang jauh lebih murah dari gas elpiji, ungkapnya.

Jargas langsung disalurkan melalui pipa ke rumah warga dengan biaya pemasangan gratis. Kedepan Pemkab Pelalawan akan kembali mengajukan jargas untuk 10.000 Sambungan Rumah (SR), pungkasnya.

Pemkab Pelalawan yang dipimpin Bupati Zukri saat ini merasa bersyukur atas selesainya pembangunan jargas rumah tangga di Kabupaten Pelalawan pada hari Selasa,13 Desember 2022 dan telah diresmikan.

" Ini merupakan perjuangan yang berat dan panjang dimana diawali dengan penyampaian dan ekspose proposal didepan Dirjen Perencanaan dan Pembangunan Prasarana Migas Kementerian ESDM RI Noor Arifin Muhammad, M.Si pada 16 Juni 2021 tahun lalu di Jakarta," ungkap Fakhrizal.

Ia melanjutkan pada saat ini Pemkab Pelalawan telah mengusulkan 40.000 SR untuk beberapa kecamatan yakni Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kecamatan Langgam, dan Kecamatan sekitarnya dengan pertimbangan Kabupaten Pelalawan merupakan daerah penghasil sumber energi gas di Propinsi Riau, namun yang dikabulkan hanya 3.712 SR. Sedangkan untuk daerah kota Pekanbaru sudah lebih dahulu masyarakatnya menikmati gas tapi sumbernya dari Kabupaten Pelalawan, katanya.

Walaupun begitu pihak Kabupaten Pelalawan patut bersyukur karena masyarakat Pelalawan telah merasakan dengan menikmati gas rumah tangga langsung ke rumah (merdeka di bidang energi) dan tidak susah untuk membeli keluar, meskipun masih terbatas untuk 3.712 rumah.

Namun, untuk jumlah 3.712 SR itu baru dinikmati 2 kelurahan yaitu Kecamatan Pangkalan Kerinci yaitu di Kelurahan Kerinci Kota sebanyak 2.701 dan Kelurahan Kerinci Timur sebanyak 1.011 SR. Awalnya, berdasarkan hasil pendataan direncanakan 4.750 SR untuk 3 Kelurahan termasuk Kerinci Barat namun karena keterbatasan Dana APBN Kementerian ESDM RI Tahun 2022 baru terealisasi di 2 kelurahan saja.

Jelasnya kata Fahrizal, banyak keuntungan dan manfaat dari jargas rumah tangga ini yakni gas langsung tersedia di dapur, tak susah membeli dan mencarinya kalau habis. Harga lebih murah, lebih hemat dan tidak di permainkan oleh penjual. Diharapkan subsidi pemerintah untuk tabung gas 3 Kg untuk masyarakat miskin bisa berkurang lambat laun.

Pemerintah Kabupaten Pelalawan berharap, karena gas rumah tangga yang masuk ini gratis, maka masyarakat penerima manfaat agar menjaga dan memeliharanya dengan baik agar tahan lama, kemudian sarana dan prasarana penunjang jargas yang telah dibangun agar dikontrol bersama sama. Dan apabila ada masalah gangguan pada jaringan maupun kompor agar segera mengikuti pedoman brosur yang dibagikan untuk segera melapor ke lurah atau camat setempat, ujar Fahrizal.

Selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang lain belum dapat dan animo masyarakat sangat besar terhadap program ini, tahun ini Pemkab Pelalawan telah menyampaikan usulan proposal tambahan pada bulan Mei 2022 yang lalu dan ditandatangani langsung oleh Bupati Pelalawan H. Zukri, sebagai wujud janji politik kampanye kepada masyarakat.

Dimana untuk pengembangan dan tambahan kedepannya, tentu lebih mudah karena sarana dan prasarana sudah tersedia melalui program jargas rumah tangga/gas masuk rumah Palawan Maju dapat terwujud, jelas Fahrizal.

Adapun jumlah yang kembali dimintakan sebanyak 10.000 SR, harapan kita bersama Kementerian ESDM dapat mempertimbangkannya dengan mengakomodasi kebutuhan masyarakat Pelalawan di bidang energi gas rumah tangga sebagai daerah penghasil. (Sep)


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar