Daerah

Terima Mandat dari DPD PJS Riau, Pranseda Simanjuntak SH: Optimis Waktu Dua Minggu Kepengurusan DPC-PJS Kabupaten Pelalawan Segera Terbentuk

Ket.Foto: Suasana penyerahan mandat pembentukan DPC-PJS Kabupaten Pelalawan, Rabu (8/6/2022) di Pekanbaru.

GARDAPOS.COM, PEKANBARU - Melalui rapat Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Jurnalis Siber (DPD-PJS) Provinsi Riau, secara resmi menyerahkan mandat kepada bapak Pranseda Simanjuntak SH, Pemimpin Redaksi media Suarafaktual.com untuk membentuk kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Jurnalis Siber (DPC-PJS) Kabupaten Pelalawan. Demikian keterangan Ketua DPD PJS Riau Drs. Wahyudi El Panggabean, M.H dalam pada Rabu 8 Juni 2022 di Pekanbaru.

Surat Mandat tersebut sudah ditandatangani dengan nomor 004/DPD-PJS Riau/6/22 tertanggal 8 Juni 2022 tentang pembentukan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Jurnalis Siber (DPC-PJS) Kabupaten Pelalawan dan telah diserahkan langsung kepada Pranseda Simanjuntak SH, ungkap Wahyudi El Panggabean seraya menambahkan, bahwa surat mandat ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan akan dilakukan evaluasi terkait progres setelah mandat ini dikeluarkan.

"Kami berharap bapak Pranseda Simanjuntak dapat melaksanakan amanah ini dengan baik, PJS hadir untuk menghimpun jurnalis siber sekaligus memberikan edukasi agar profesional dan berintegritas dan taat pada kode etik jurnalistik." kata Wahyudi.

Melalui PJS ini mari bermanfaat untuk orang lain. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain. Tuhan telah menganugerahi kita sebuah profesi mulia yang namanya jurnalis. Melalui pena "Nun Wal Qolami wama yasturun" dan demi apa yang kamu tulis, ungkap Wahyudi yang juga Direktur Pekanbaru Journalist Center (PJS).

Kemudian Pranseda Simanjuntak penerima mandat pembentukan Dewan Pimpinan Cabang, Perhimpunan Jurnalis Siber (DPC-PJS) Kabupaten Pelalawan dalam sambutannya mengatakan, bahwa sangat optimis mampu membawa DPC PJS Pelalawan menjadi organisasi yang mengedukasi dan meningkatkan profesionalitas jurnalis.

"Terima kasih atas amanah yang diberikan, setelah ini saya akan langsung menghimpun kawan-kawan untuk melakukan pertemuan guna membahas mandat ini. Saya yakin PJS akan menjadi organisasi yang berbeda dari organisasi lainnya apalagi nama bung Wahyudi sudah sangat harum di Pelalawan," kata Frans sapaan akrabnya usai menandatangani berita acara serah terima mandat (8/6) kemarin.

Mantan Ketua Persatuan Pewarta Warga Indonesia Pelalawan itu menargetkan waktu dua minggu, kepengurusan DPC PJS Kabupaten Pelalawan akan segera terbentuk. Hasilnya nanti segera kami sampaikan kepada pengurus DPD PJS Provinsi Riau. "Saya optimis PJS ini akan mampu menjadi organisasi yang bisa bersaing dengan organisasi lainnya yang ada di Pelalawan," jelasnya.

Terpisah, disampaikan Plt Ketua Umum Perhimounan Jurnalis Siber (PJS), Mahmud Marhaba dalam arahannya mengatakan, PJS merupakan organisasi wartawan yang bertujuan untuk menghimpun wartawan yang bekerja di perusahan pers yang berbadan hukum dan bukan anggota maupun pengurus pada organisasi sejenis yang merupakan konstituen dewan pers.

"Tujuan PJS tidak lain untuk menghimpun para wartawan yang tidak terakomodir menjadi anggota organisasi wartawan sejenis untuk dididik menjadi wartawan profesional dan kompeten. Seiring dengan tumbuhnya media siber atau media online di setiap daerah, itu akan berbanding lurus dengan munculnya wartawan baru. Mereka membutuhkan bimbingan dan arahan agar tidak terjebak dengan hukum di luar hukum pers yang mengakibatkan diri mereka terancam pidana," tutup Ahli Pers dari Dewan Pers itu.**


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar