Kesehatan

EmrusCorner: Perlu Formasi Baru Penanganan Covid-19 Di Setiap Negara

Oleh: Emrus Sihombing, Direktur EmrusCorner


GARDAPOS.COM, JAKARTA - Melihat munculnya beberapa varian baru,  menyikapi belum ada indikator mengarah tertanganinya kasus di berbagai negara dunia, dan masyarakat cepat terlepas dari serangan Covid-19, tim EmrusCorner melakukan diskusi pagi ini dengan rekomendasi, sudah perlu dilakukan formasi struktur baru penanganan Covid-19 agar lebih efektif, di setiap negara di dunia.

Supaya efektifitasnya tinggi dan powerfull, formasi baru ini sebaiknya dikendalikan secara langsung oleh Kepala Negara masing-masing, dengan memimpin setidaknya empat biro utama.

Satu, Biro Perubahan Perilaku (Perper). Biro ini harus menjadi garda paling depan di hulu. Dengan unit ini, dapat memutus mata rantai karena penyebaran virus ini "dibantu" oleh perilaku manusia. Selain itu, sekaligus dapat membentuk budaya baru sebagai dampak ikutanya yang positif ke depan. Misalnya, budaya disiplin di semua bidang kehidupan. 

Biro ini harus dipimpin yang ahli di bidang Perper seperti Komunikolog, atau Sosiolog atau Psykolog.

Dua, Biro Pengujian (testing). Bagian ini dipimpin pakar bidang pengujian keberadaan virus Covid-19 di dalam dan di luar tubuh manusia secara valid. Ia harus memiliki leadership yang kredibel agar bawahannya tidak menggunakan alat tes bekas.

Tiga, Biro Pelacakan Penyebaran. Ini dipimpin oleh orang yang ahli di bidang investigasi. Jika hasil pengujian menunjukkan positif (dari Biro Pengujian), maka Biro Pelacakan Penyebaran segera melakukan penelusuran kepada semua orang yang pernah kontak fisik dengan jarak satu meter atau kurang dengan orang yang kasus positif tadi. Selanjutnya kepada semua orang tersebut dilakukan testing oleh Biro Pengujian. Demikian seterusnya.

Empat, Biro Pengobatan dan Pemulihan. Biro ini dipimpin oleh ahli paru ternama di negara masing-masing. Biro ini merawat dan memulihkan bagi kasus positif dari Biro Pengujian. 

Para pasien yang sudah sembuh, tetap dilakukan monitoring secara terstruktur dan berkala untuk melihat perkembangan penyembuhan paru-paru dan immunitas pada tubuh yang bersangkutan.

Jika formasi struktur baru ini dipimpin langsung oleh Kepala Negara dan  masing-masing biro bekerja atas dasar target serta interval waktu terukur serta kreatif-inovatif, EmrusCorner berkesimpulan bahwa Covid-19 lebih mudah kita "kalahkan". []


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar