Nasional

Masih Ada Upaya Menurunkan Kasus Covid-19

Foto: tangkapan layar

GARDAPOS.COM, JAKARTA - Melihat kasus Covid-19 masih terus bertambah, saya menyarankan agar dilakukan survey terhadap perilaku masyarakat terkait dengan pelaksanaan protokol kesehatan. Demikian disampaikan rilis Dr. Drs. Emrus Sihombing., MSi kepada gardapos.com, Sabtu (6/2/2021).

Kemarin (5/2/21), tentu dengan memakai protokol kesehatan secara ketat, saya menelusuri dari gang ke gang di suatu kota di negeri ini, tidak sedikit saya temukan perilaku anggota masyatakat menarik untuk dikaji terkait dengan ketaatan menggunakan protokol kesehatan.

Namun, menurut hemat saya, teknik pengumpulan data harus melalui observasi, misalnya antara lain menggunakan kamera video untuk merekam, langsung di lapangan agar bisa menjaring peristiwa natural, tidak dengan menyebarkan kuesioner.

Secara simultan juga dilakukan wawancara mendalam  mencari tahu mengapa demikian perilaku anggota masyarakat tersebut.

Hasil survey dan wawancara mendalam tersebut dibuat menjadi dasar menyusun strategi komunikasi  yang efektif menumbuhkan kesadaran, sikap dan perilaku taat protokol kesehatan.  

Strategi komunikasi ini diimplementasi secara masif, terstruktur, sistematis, inovatif, kreatif, terus-menerus dan berkesinambungan antara narasi sebelumnya dengan narasi yang sedang dilontarkan dan narasi yang akan dilakukan ke depan, sebagai upaya yang juga strategis dalam rangka menurunkan jumlah kasus Covid-19. 

Jika survey perilaku, pendalaman dan strategi komunikasi  belum dilakukan secara baik, saya berhipotesa dari aspek konsep dan teori komunikasi, kasus Covid-19 masih mengalami kendala untuk menurunkannya.[]


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar