Opini Malam

Hanya Strategi Komunikasi Solusi Atasi Covid-19 Tanpa Efek Samping

Foto: DR. Emrus Sihombing Komunikolog Indonesia

GARDAPOS.COM, JAKARTA - Hanya Strategi Komunikasi Solusi atasi Covid-19 Tanpa Efek Samping, demikian sebut Dr. Emrus dalam opininya kepada gardapos.com, Minggu malam (25/10/2020).

Emrus menjelaskan, Di tengah belum ditemukan vaksin yang aman dan ampuh oleh para ilmuwan di bidangnya di seluruh dunia mencegah Covid-19, maka yang paling ampuh "melawan" Covid-19 hanya tindakan Strategi Komunikasi yang mampu membangun kesadaran kolektif, sikap sejalan dan perilaku bersama mengadopsi semua protokol kesehatan penanganan Covid-19 dengan disiplin.

Dengan kesadaran, sikap dan perilaku tersebut, manusia pasti dapat terhindar dari Covid-19. Sebab, penyebaran virus ini dari manusia ke manusia lain. Lagi pula, bukankah virus ini tidak lama bertahan di luar tubuh manusia? Jadi, Covid-19 akan mati dengan sendirinnya di luar tubuh manusia.

Dengan Strategi Komunikasi dialogis, terbuka, kesetaraan dan tetukur, maka dipastikan Covid-19 akan teratasi dengan baik tanpa menimbulkan efek samping dari aspek sosial ekonomi apalagi kesehatan.

Untuk itu, yang paling tepat merancang dan mengoperasikan Strategi Komunikasi tersebut harus para komunikolog yang mempunyai pengetahuan dan pemahaman tentang konsep dan teori komunikasi yang mumpuni serta memiliki pengalaman profesional bidang komunikasi yang sudah teruji di ruang publik.

Untuk itu, saya menyarankan kepada Presiden, Gubernur, Bupati/Walikota di seluruh Indonesia agar segera "memanggil" para komunikolog untuk terlibat langsung menangani Covid-19, yang selama ini belum ada tanda-tanda akan berakhir. []


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar