Ekonomi

Saran Kepada Kemen BUMN

Istimewa. Ket Foto: Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir (Sumber Foto: Pojoksatu.id)

GARDAPOS.COM, JAKARTA - Sangat bijak di masa Covid-19 Kemen BUMN tidak melakukan PHK dan sangat humanis jika bertindak lebih jauh dengan membatalkan semua kebijakan PHK di BUMN-BUMN, saran Dr. Emrus Sihombing Komunikolog Indonesia, Jumat (21/8).

Jika dipaksakan PHK akan menimbulkan persepsi dan makna yang tidak menguntugkan bagi Kemen BUMN dan Presiden serta berpotensi menimbulkan berbagai persoalan ekonomi dan sosial di tengah masyarakat.

Konsekuensi lanjutan bisa menimbulkan PHK-PHK di perusahaan swasta. Bisa jadi salah satu alasan kuat swasta melakukan PHK bahwa perusahaan plat merah saja melakukan PHK.  

Jika terjadi PHK di BUMN ditambah PHK di perusahaan swasta, dapat menimbulkan masalah sosial komulatif di tengah masyarakat. 

Untuk itulah agar Menteri BUMN dan para deputinya menemukan solusi-solusi kreatif dan inovatif.  Misalnya, membuka bidang usaha padat karya. Bisa saja disebut sebagai BADAN USAHA MILIK RAKYAT yang kelak waktunya diserahkan sepenuhnya kepada para pekerja sebagai pemilik, tutup Dr. Emrus.

"SUDAH KUBILANG, JANGAN LAKUKAN PHK DI BUMN. TAPI DILAKUKAN. LIHATLAH YANG TERJADI INI" pungkas Dr. Emrus Sihombing Komunikolog Indonesia.

Karyawan BUMN Anggap Erick Thohir Jadi Beban Jokowi, Sebaiknya Direshuffle (https://pojoksatu.id/news/berita-nasional/2020/08/21/karyawan-bumn-anggap-erick-thohir-jadi-beban-jokowi-sebaiknya-direshuffle/)

BUMN Jangan Lakukan PHK di Tengah Pandemi Corona (https://www.jpnn.com/news/bumn-jangan-lakukan-phk-di-tengah-pandemi-corona)

Saya menyarankan kepada Erick Thohir, tidak ada salahnya membatalkan semua karyawan yang sudah di PHK.

Salam, 
Emrus Sihombing 
Komunikolog Indonesia


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar