Opini

Pemerintah dan Dampak Covid-19 Terhadap Masyarakat

Foto.Istimewa

GARDAPOS.COM, PEKANBARU - Maraknya korban Covid-19. Banyak membuat masyarakat ketakutan dan juga banyak menghancurkan ekonomi masyarakat bahkan negara, dikarenakan pemerintah menegaskan masyarakat harus diam dirumah atau lockdown, tidak boleh keluar rumah, dengan alasan agar tidak dapat tertular Covid19.

Namun banyak masyarakat  yang tidak mengikuti aturan Pemerintah banyak yang melanggar ketegasan untuk diam dirumah  seakan-seakan mereka tidak memperdulikan wabah Covid-19 dan mereka tetap melakukan aktivitas seperti dunia sedang dalam keadaan baik. 

Pemerintah juga harus tegas melihat keadaan yang sangat darurat ini kepada masyarakat melihat dampak-dampak yang timbul disetiap lingkungan, bahkan RT, RW,  Desa juga harus tegas dan menjaga keamanan untuk warga luar daerah yang datang dikediaman mereka untuk melakukan pengecekan kesehatan disetiap desa hal ini dapat menjaga penyebaran Covid19. 

Karena aturan-aturan yang diberikan kepada pemerintah untuk masyarakat   untuk tetap diam dirumah atau lockdown  itu bukanlah suatu solusi untuk, masyarakat tetap diam, namun pemerintah juga harus melakukan pengawasan disetiap daerah atau membuat suatu pos yang diisi oleh Polisi, TNI, bahkan Dinas Kesehatan selama 24 jam. Untuk menjaga keamanan dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 disetiap daerah. 

Bahkan dapat menjaga lingkungan  masyarat dari tindak kriminal pencurian,  atau maling karna dilakukan ketegasan lockdown itu juga memberi peluang bagi para penjahat untuk melakukan aksi pencurian karena sudah banyak korban  atau banyak rumah yang kena bobol  dimasa Covid-19 atau lockdown.  

Hal ini juga banyak membuat masyarakat  resah dan tidak peduli dengan Covid-19  yang penyebarannya sangat berbahaya bagi masyarakat. Mereka tetap melakukan aktivitas demi menjaga lingkungan dari  tindak kriminal pencurian, itu alasan mengapa Pemerintah harus membuat suatu pos disetiap desa. 

Namun bukan itu saja yang membuat masyarakat tetap melanggar aturan Pemerintah untuk tetap keluar dikarenakan  banyak masyarakat yang tidak memiliki penghasilan yang lebih atau penghasilan perbulan yang mampu untuk bertahan tetap diam dirumah solusi dari negara memberi bantuan ekonomi kepada masyarakat.

Namun bantuan yang diberikan kepada masyarakat apakah sangat mencukupi  selama lockdown atau banyak juga masyarakat  yang tidak  mendapatkan bantuan ekonomi dari negara dalam hal ini pemerintah harus melakukan survei  disetiap desa agar pemerintah dapat melihat apakah masyarakat seluruhnya mendapatkan bantuan atau hanya sebagian saja.  

Supaya masyarakat tetap dapat diam dirumah selama Covid-19 Karena ekonomi aman dan lingkungan aman dari tindak kejahatan pencurian atau maling.


Penulis: ZulFahmi
Jurusan: Hukum Pidana
Mahasiswa Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Selasa 28 April 2020.


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar