Budaya dan Sastra

Datuk Padano atau Jamris Terpilih Sebagai Ketua Pelaksana Budaya Balimau Potang Mogang Kecamatan Langgam

Pembentukan panitia pelaksana budaya balimau potang mogang, Senin (29/1) di aula kantor camat langgam.

GARDAPOS.COM, PELALAWAN - Pembentukan panitia pelaksana budaya balimau potang mogang yang setiap tahun akan dilaksanakan masyarakat Kecamatan Langgam di Kabupaten Pelalawan pada saat menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 H, pada hari Senin sore (29/1/2024) di aula kantor camat langgam sudah terbentuk.

Sebagaimana diketahui keistimewaan Mandi Balimau ini merupakan acara adat yang mengandung nilai sakral yang khas, dimana tradisi mandi balimau ini sarat akan nilai-nilai religius, demikian ungkap Wan Ahmat Datuk Engku Raja Lela Putra Wazir Tengku Besar Kerajaan Pelalawan

Sebagaimana diketahui, tradisi mandi balimau potang mogang ini merupakan salah satu rangkaian acara masyarakat Kecamatan Langgam dalam menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan. Selain dianggap sebagai upacara penyucian diri lahir dan batin, Mandi Balimau Kasai Potang Mogang juga sebagai ucapan syukur dan ungkapan kegembiraan datangnya bulan puasa (Ramadhan).

Sebagaimana disampaikan Wan Ahmat Datuk Engku Raja Lela Putra Wazir Tengku Besar Kerajaan Pelalawan kepada wartawan (29/1) usai rapat menyebutkan, “panitia pelaksana mandi balimau kasai potang mogang Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan 1445 H atau tahun 2024 sudah terbentuk dan terpilih sebagai ketua panitianya Datuk Padano atau Jamris yang juga sehari-hari sebagai ketua LPM Kelurahan Langgam,” pungkasnya.

Kemudian terkait lokasi acara potang mogang 1445 H yang biasa dilaksanakan di tepian sungai kampar ranah tanjung bunga ada kekhawatiran kondisinya masih dalam suasana banjir, ungkap Maitizan, Spd, Sekcam Langgam saat dikonfirmasi awak media (29/1).

"Jikalau bencana banjir di DAS Sungai Kampar ini tidak surut, kemungkinan kita tidak akan laksanakan"! ujar Maitizan singkat.

Akankah acara budaya balimau potang mogang pada tahun ini akan terlaksana dengan kondisi air banjir? Wallahu A’lam Bishawab.

Diketahui yang hadir dalam rapat pembentukan panitia pelaksana budaya balimau potang mogangbdi aula kantor camat Langgam: Maskandar, Spt, Sekcam Maitizan, Spd, Datuk Engku Raja Lela Putra Wan Ahmat, Lurah Langgam M Harles, Datuk Rajo Bilnag Bungsu H A Wahid, Anggota DPRD Afrizal M, Ketua IPHI Kecamatan Langgam H Agustar, SH, ninik mamak dan tokoh pemuda lainnya.[]


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar