Olahraga

Pulang Berlaga di Ajang PESONas 2022 di Semarang, Syamsuar Beri Penghormatan Kepada Seluruh Atlet SOIna Riau

(Foto Istimewa).

GARDAPOS.COM, PEKANBARU - Menyambut para atlet berkebutuhan khusus atau difabel yang baru pulang berlaga dalam ajang Pekan Special Olympics Nasional (PESONas) 2022, di Semarang, Provinsi Jawa Tengah, pada Jumat 8 Juli 2022, disambut langsung Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar di Hotel Pangeran Pekanbaru. 

Gubri memberikan dukungan secara langsung dihadapan atlet yang sudah bertanding, dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh atlet yang telah mengharumkan nama Riau diajang bergengsi tingkat nasional tersebut.

"Para atlet SOIna Riau luar biasa. Dengan segala kekhususannya, sangat spesial sekali, dan bisa berkompetisi. Pemprov Riau mendorong terus dan membantu, serta memberikan motivasi mereka untuk berprestasi sangat tinggi kedepannya," kata Syamsuar.

Mantan Bupati Siak ini juga menyampaikan  penghormatan kepada seluruh atlet yang berlaga. Tidak hanya itu, penghormatan juga ditujukan kepada para pendamping yang sangat sabar mendorong para atlet agar mau berlomba. 

"Atlet dari Riau pada ajang bergengsi ini berhasil mengumpulkan 46 medali, terdiri atas 17 medali emas, 13 perak dan 16 perunggu dari berbagai pertandingan yang diperlombakan. Saya rasa sama dengan perolehan pada PON ini. Luar biasa ini," ujar Syamsuar.

Sementara itu, Ketua Pengprov SOIna Riau, Hj Novilia SE menyampaikan, PeSONas 2022 merupakan ajang pertama yang digelar oleh SOIna sebagai wadah kompetisi atlet-atlet berkebutuhan khusus di Indonesia. 

"Terimakasih kepada Pemprov Riau yang sudah memberikan dukungan. Diharapkan dari ajang itu muncul atlet-atlet berprestasi untuk kemudian dapat mewakili Indonesia dalam event internasional di Jerman," ungkap Novilia.

PESONas 1 Semarang merupakan iven yang ditunggu-tunggu seluruh atlet bertalenta khusus seluruh Indonesia. Merupakan momentum persiapan jelang ajang Summer Olympics World Games (SOWG) di Berlin-Jerman tahun 2023. Sebelumnya iven ini bernama Pornas.

Kontingen SOIna Riau pada PESONas 1 Semarang memberangkatkan 157 orang yang terdiri dari 106 atlet, sisanya pelatih dan pendamping, tim medis. 

Disisi lain, pada PESONas ini juga menampilkan ciri khas daerah Riau seperti batik Riau, tenunan Riau, lempok durian, mie sagu, pin SOIna Riau yang dibuat oleh atlet, buku Langit Tak Berbatas, boneka PESONas khas Riau (burung Serindit).

Perolehan medali SOIna Riau, berasal dari pertandingan Bocce 1 emas 1 perak 4 perunggu, Senam 1 emas 2 perak 1 perunggu, Tari 2 emas 1 perak 1 perunggu, Atletik 4 emas 4 perak 6 perunggu, Basket 1 emas, Tenis Meja 2 emas 1 perunggu, Renang 3 emas 1 perunggu, Sepakbola 1 emas 1 perak, Futsal 1 perak 1 perunggu, Bola Tangan 1 emas, Bulu Tangkis 1 emas 2 perak 1 perunggu, Bola Voli 1 perak.

Secara keseluruhan PESONas 1 diikuti oleh 1.724 atlet bertalenta khusus dari 21 provinsi yang terdiri dari 1.118 atlet dan 606 (pelatih dan pendamping) dengan mengikuti 12 cabang olahraga (senam, tari budaya, atletik, bola volley, bulu tangkis, bola tangan, bola basket, tenis meja, bocce, sepakbola dan futsal keseluruhannya termasuk kegiatan kompetisi). Sedangkan kegiatan atlet non kompetisi seperti healthy atlet, congress family, neuroscience dan seni budaya.**/tim


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar