Kesehatan

Apresiasi Pengabdian Masyarakat Fakultas Keperawatan Mahasiswa Kukerta Balek Kampung UR

Istimewa.

GARDAPOS.COM, PEKANBARU - Mahasiswa Kukerta Balek Kampung Universitas Riau Program B2019 pada hari Selasa, 28 Juli 2020 lalu melakukan edukasi kepada para kader lansia mengenai teknik dan gerakan senam lansia di Jalan Pesisir RW 09 Kelurahan Meranti Pandak Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Riau, Indonesia.

Tim Kukerta Universitas Riau bekerja sama dengan Ketua Forum Kampung KB Meranti Mandiri, bapak Andri Rashmana, CM dan Ibu-ibu RW 09 yang dikoordinir Ibu Nursalmah Karim serta para kader Lansia di Kelurahan Meranti Pandak.

Kegiatan ini dilakukan tim kukerta atas dasar banyaknya populasi lansia di Kelurahan Meranti Pandak, karena kami berasal dari fakultas keperawatan semua, maka ilmu yang telah kami dapatkan dari bangku kuliah sebaiknya kami terapkan disini salah satunya adalah senam lansia ini, ungkap Ranny mahasiswi Kukerta Balek Kampung Universitas Riau.

Kemudian lanjutnya, setelah pada hari Minggu kemarin kami adakan senam lansia, ternyata para kader lansia tertarik untuk dilatih gerakan senam dan edukasi tentang manfaat senam. Kami tentunya sangat bahagia mendengar hal itu, meskipun sedang dalam keadaan pandemi seperti ini, ibu-ibu kader lansia sangat semangat sekali untuk terus belajar memajukan potensi lansia yang ada disini.

Namun, tentunya kami tim kukerta terus menghimbau untuk terus menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sebagai pencegahan penyebaran virus Covid-19, pungkasnya.

Dalam kegiatan ini turut hadir Ketua Forum RT/RW Meranti Pandak sekaligus Ketua Umum Kampung KB Meranti Mandiri Andri Rashmana, CM yang mengantarkan ke lokasi kegiatan bersama tim kukerta dan mengikuti kegiatan sampai akhir acara serta Ibu RW 09 Ibu Nursalmah Karim yang sudah menyiapkan sarana untuk kegiatan ini.

Kegiatan ini kata Ranny, selain memberikan demonstrasi teknik gerakan senam lansia, mahasiswa Universitas Riau juga memberikan penyuluhan tentang manfaat dari setiap gerakan senam lansia, sehingga para kader nantinya dapat memahami setiap gerakan dengan baik dan mengajarkan kepada lansia lainnya.

Ketua RW 09, Ibu Nursalmah Karim mengapresiasi kegiatan Mahasiswa Kukerta Universitas Riau karena telah memberikan pengajaran yang tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar khususnya lansia, ujarnya.

“Saya dan seluruh kader lansia disini mengapresiasi serta berterima kasih atas kesediaan Mahasiswa Kukerta Universitas Riau yang sudah meluangkan waktunya untuk mengajari para kader disini, semoga agenda ini menjadi kegiatan rutin untuk komunitas lansia yang ada disini” pungkas Nursalmah.

Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk kedepannya agar dapat menghasilkan lansia yang tidak hanya sehat tetapi juga dapat aktif dan mandiri dalam setiap kegiatan tak kalah dari usia muda, tutup Andri Rashmana, CM. (*)


[Ikuti GardaPos.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar